Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENUMPANG BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR 1 (SATU) YANG TIDAK SESUAI DENGAN JADWAL OPERASIONAL KEBERANGKATAN (SUATU PENELITIAN DI UPTD ANGKUTAN MASSAL TRANS KOETARADJA)
Pengarang
Dini Aklima Nurhayani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ilyas - 196504051991021001 - Dosen Pembimbing I
Eka Kurniasari - 197105152003122002 - Penguji
Nurdin MH - 196412311991021002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2003101010072
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Dini Aklima
Nurhayani,
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENUMPANG
BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR 1 (SATU) YANG
TIDAK SESUAI DENGAN JADWAL OPERASIONAL
KEBERANGKATAN (Suatu Penelitian di UPTD
Angkutan Massal Trans Koetaradja)
2024
Prof. Dr. Ilyas, S.H., M.Hum
Pasal 141 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu
Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
(v, 69), pp., bibl., tabl.
Lintas dan Angkutan Jalan (UULAJ), menyebutkan bahwa penyelenggaraan
angkutan penumpang bus umum wajib memenuhi standar pelayanan minimal
yang meliputi: keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan
dan keteraturan. Hal ini juga dipertegas pada Pasal 4 Undang-Undang
Perlindungan Konsumen (UUPK) yang mengatur tentang hak atas informasi yang
benar, jelas, dan jujur. Meskipun UULAJ dan UUPK sudah mengatur tentang hak
atas kenyamanan dan informasi yang benar, jelas dan jujur dalam mengkonsumsi
barang/jasa, namun pada pelaksanaannya Bus Trans Koetaradja Koridor 1 (satu)
masih terjadi ketidaksesuaian jadwal operasional keberangkatannya.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan terkait pelaksanaan perlindungan
konsumen terhadap penumpang Bus Trans Koetaradja Koridor 1 (Satu), faktor
penyebab Bus Trans Koetaradja Koridor 1 (satu) melakukan keberangkatan yang
tidak sesuai dengan jadwal operasional, dan upaya yang dilakukan oleh Pihak
UPTD Angkutan Massal Trans Koetaradja terhadap ketidaksesuaian jadwal
operasional keberangkatan Bus Trans Koetaradja.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah yuridis
empiris. Metode yuridis empiris adalah penelitian hukum yang menggunakan data
yang didapatkan dalam penelitian lapangan berupa hasil wawancara dengan
responden dan informan, serta memadukan bahan-bahan hukum seperti buku teks,
teori, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelaksanaan perlindungan konsumen
penumpang Bus Trans Koetaradja Koridor 1 (satu) terhadap ketidak sesuaian
jadwal operasional keberangkatan masih belum maksimal dilakukan sebagaimana
pengaturan pada Pasal 4 UUPK dan Pasal 141 ayat (1) UULAJ yang mengatur
tentang hak atas kenyamanan dan informasi yang benar mengenai barang/jasa.
Adapun faktor penyebab Bus Trans Koetaradja Koridor 1 (satu) melakukan
keberangkatan tidak sesuai dengan jadwal operasionalnya, yaitu: bus terjebak
kemacetan, mesin bus mengalami kerusakan, ban bus mengalami kebocoran,
terjadi kecelakaan dengan pengendara sepeda motor, dan kurangnya kedisiplinan
pengemudi/pramugara. Upaya yang dilakukan oleh UPTD Trans Koetaradja
Koridor 1 (satu) terhadap ketidaksesuaian jadwal operasional keberangkatan
hanya dengan melakukan pengecekan tahunan untuk meminimalisir faktor-faktor
penyebab di tahun yang akan datang.
Disarankan kepada UPTD Trans Koetaradja dapat me-launching aplikasi
terkait informasi jadwal keberangkatan bus dan mengetahui posisi bus secara real
time. UPTD Trans Koetaradja selalu melakukan pengecekan kendala
pengoperasian bus setiap bulan. UPTD Trans Koetaradja harus melakukan
pertemuan dengan operator bus terkait membahas permasalahan ketidaksesuaian
jadwal keberangkatan bus.
PENGARUH KINERJA PELAYANAN DAN KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP LOYALITAS PENUMPANG BUS TRANS KOETARADJA PADA KORIDOR I (KEUDAH - DARUSSALAM) (DAVID MAULANA, 2022)
ANALISIS TARIF ANGKUTAN BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR 1 (PUSAT KOTA-DARUSSALAM) BERDASARKAN ABILITY TO PAY (ATP), WILLINGNESS TO PAY (WTP) DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) (Lasma Widiya, 2024)
ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR 2B (PUSAT KOTA-ULEE LHEUE) BERDASARKAN TARIF DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (TERA FERDANA, 2022)
ANALISA KEBUTUHAN PUBLIK DALAM PENGGUNAAN ANGKUTAN TRANS KOETARADJA DI IBUKOTA PROVINSI ACEH (Nita Ramayanti, 2019)
KAJIAN PENENTUAN TARIF TRANS KOETARADJA DENGAN ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN, ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY (STUDI KASUS KORIDOR III DAN IV) (Erlina Wati Jalil, 2018)