PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKANRNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKANRNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA


Pengarang

siska sucirahayu - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200170021

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas guru, Peningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa setelah diterapkan model PBL, dan mengetahui tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil secara acak dari seluruh siswa kelas XI sebanyak 25 orang dari satu kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen keterampilan berpikir kritis dan kreatif, pedoman observasi, dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada saat diterapkan model PBL menunjukkan kategori baik dan sangat baik. Penerapan PBL mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dengan kategori sedang, dan hampir seluruh siswa memberikan tanggapan positif atau setuju dengan penerapan PBL pada konsep usaha dan energi.

Kata kunci : problem based learning, berpikir kritis, berpikir kreatif, usaha dan energi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK