Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMANFAATAN MULTIMEDIA OLEH MAHASISWA PBI FKIP USK DALAM PEMBELAJARAN
Pengarang
RAHMA DWI NOPIYANTI.S - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
2006102010056
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Rahma Dwi Nopiyanti.S (2024). Pemanfaatan Multimedia oleh Mahasiswa PBI FKIP USK dalam Pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui multimedia yang digunakan oleh mahasiswa PBI FKIP USK, intensitasnya dan dampak multimedia dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PBI FKIP USK angkatan 2021 yang berjumlah 106 mahasiswa dengan mengambil sampel 68 mahasiswa melalui teknik Probability Sampling dari jumlah populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga macam instrumen yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara berupa angket kuesioner yang berisi 25 pertanyaan yang mencakup tentang multimedia yang digunakan oleh mahasiswa, dampak multimedia yang digunakan dalam pembelajaran dan observasi yang mencakup tentang intensitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran. Hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Multimedia yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran di kelas yaitu powerpoint, laptop, aplikasi Youtube, tiktok, menambahkan audio (speaker), mic pada saat menampilkan yel-yel pada awal pmbelajaran yang membuat hal tersebut sangat menarik. Multimedia yang digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran di Zoom yaitu powerpoint, aplikasi Zoom, dan laptop; 2) Intensitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran di kelas dan via zoom, mahasiswa sangat antusias terhadap pembelajaran yang menggunakan multimedia dilihat dari kesiapan mereka dalam mempersiapkan multimedia yang digunakan sampai akhir pembelajaran; 3) Dampak penggunaan multimedia yang digunakan mahasiswa memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pengalaman pembelajaran yang lebih realistis, peningkatan kreativitas, dan pemanfaatan teknologi multimedia dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Multimedia, Jenis Multimedia, PBI FKIP USK
ABSTRACT Rahma Dwi Nopiyanti.S (2024). Use of Multimedia by PBI FKIP USK Students in Learning This research aims to determine the multimedia used by PBI FKIP USK students, its intensity and the impact of multimedia on learning. This research is research that uses a quantitative approach with descriptive statistical methods. The research population was all PBI FKIP USK students class of 2021, totaling 106 students, taking a sample of 68 students using the Probability Sampling technique from the existing population. Data collection was carried out using three types of instruments, namely interviews, observation and documentation. The interview is in the form of a questionnaire containing 25 questions covering the multimedia used by students, the impact of multimedia used in learning and observations covering the intensity of multimedia use in learning. As a result of the research, it is known that 1) The multimedia used by students in learning in class is PowerPoint, laptop, Youtube application, TikTok, adding audio (speaker), mic when displaying chants at the beginning of the lesson which makes it very interesting. The multimedia used by students in learning on Zoom is PowerPoint, the Zoom application, and laptops; 2) The intensity of multimedia use in learning in class and via Zoom, students are very enthusiastic about learning using multimedia as seen from their readiness in preparing the multimedia used until the end of the lesson; 3) The impact of using multimedia used by students has a positive impact in improving the quality of learning, a more realistic learning experience, increasing creativity, and utilizing multimedia technology in the learning process. Keywords: Multimedia, Types of Multimedia, PBI FKIP USK
MEDIA PEMBELAJARAN DASAR TAJWID UNTUK PEMBINANAAN MENTORING MAHASISWA UP3AI UNSYIAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH 6 PROFESSIONAL (Amar Yazid Zofa, 2016)
EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA DI MTSN 4 BANDA ACEH (Nika Meldian, 2018)
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK TEKNISI TELKOMVISION (Ridha Sabrina, 2014)
PEMBUATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4 PROFESSIONAL (MARWANSYAH, 2015)
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PROFESSIONAL (Muhammad Furqan, 2016)