PEMANFAATAN MULTIMEDIA OLEH MAHASISWA PBI FKIP USK DALAM PEMBELAJARAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMANFAATAN MULTIMEDIA OLEH MAHASISWA PBI FKIP USK DALAM PEMBELAJARAN


Pengarang

RAHMA DWI NOPIYANTI.S - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mukhlis - 196212021988101001 - Dosen Pembimbing I
Herman R - 198304202015041002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006102010056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Rahma Dwi Nopiyanti.S (2024). Pemanfaatan Multimedia oleh Mahasiswa PBI FKIP USK dalam Pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui multimedia yang digunakan oleh mahasiswa PBI FKIP USK, intensitasnya dan dampak multimedia dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PBI FKIP USK angkatan 2021 yang berjumlah 106 mahasiswa dengan mengambil sampel 68 mahasiswa melalui teknik Probability Sampling dari jumlah populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga macam instrumen yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara berupa angket kuesioner yang berisi 25 pertanyaan yang mencakup tentang multimedia yang digunakan oleh mahasiswa, dampak multimedia yang digunakan dalam pembelajaran dan observasi yang mencakup tentang intensitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran. Hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Multimedia yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran di kelas yaitu powerpoint, laptop, aplikasi Youtube, tiktok, menambahkan audio (speaker), mic pada saat menampilkan yel-yel pada awal pmbelajaran yang membuat hal tersebut sangat menarik. Multimedia yang digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran di Zoom yaitu powerpoint, aplikasi Zoom, dan laptop; 2) Intensitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran di kelas dan via zoom, mahasiswa sangat antusias terhadap pembelajaran yang menggunakan multimedia dilihat dari kesiapan mereka dalam mempersiapkan multimedia yang digunakan sampai akhir pembelajaran; 3) Dampak penggunaan multimedia yang digunakan mahasiswa memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pengalaman pembelajaran yang lebih realistis, peningkatan kreativitas, dan pemanfaatan teknologi multimedia dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Multimedia, Jenis Multimedia, PBI FKIP USK

ABSTRACT Rahma Dwi Nopiyanti.S (2024). Use of Multimedia by PBI FKIP USK Students in Learning This research aims to determine the multimedia used by PBI FKIP USK students, its intensity and the impact of multimedia on learning. This research is research that uses a quantitative approach with descriptive statistical methods. The research population was all PBI FKIP USK students class of 2021, totaling 106 students, taking a sample of 68 students using the Probability Sampling technique from the existing population. Data collection was carried out using three types of instruments, namely interviews, observation and documentation. The interview is in the form of a questionnaire containing 25 questions covering the multimedia used by students, the impact of multimedia used in learning and observations covering the intensity of multimedia use in learning. As a result of the research, it is known that 1) The multimedia used by students in learning in class is PowerPoint, laptop, Youtube application, TikTok, adding audio (speaker), mic when displaying chants at the beginning of the lesson which makes it very interesting. The multimedia used by students in learning on Zoom is PowerPoint, the Zoom application, and laptops; 2) The intensity of multimedia use in learning in class and via Zoom, students are very enthusiastic about learning using multimedia as seen from their readiness in preparing the multimedia used until the end of the lesson; 3) The impact of using multimedia used by students has a positive impact in improving the quality of learning, a more realistic learning experience, increasing creativity, and utilizing multimedia technology in the learning process. Keywords: Multimedia, Types of Multimedia, PBI FKIP USK

Citation



    SERVICES DESK