ANALISIS PERMASALAHAN MAHASISWA DALAM PENULISAN SKRIPSI DI JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP USK. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS PERMASALAHAN MAHASISWA DALAM PENULISAN SKRIPSI DI JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP USK.


Pengarang

ELA MAITA SARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Agus Wahyuni - 196208251988111001 - Dosen Pembimbing I
Saminan - 196204231989031002 - Dosen Pembimbing II
Soewarno S - 195609131985031003 - Penguji
Musdar - 198907172012011101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030052

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Ela Maita Sari. (2024). Analisis Permasalahan Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi di Jurusan Pendidikan Fisika FKIP USK.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan mahasiswa dalam proses penulisan skripsi di Jurusan Pendidikan Fisika FKIP USK․ Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan menggunakan metode survei (angket) dan wawancara․ Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP USK yang sedang menyusun skripsi ataupun mahasiswa yang sudah sidang skripsi semester ganjil 2023/2024 yang berasal dari mahasiswa yang masuk pada tahun 2017-2020 yang berjumlah 50 mahasiswa․ Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kendala dalam kemampuan mahasiswa menulis skripsi meliputi kesulitan dalam memfokuskan masalah, menyusun instrumen penelitian, menginterpretasikan dan mendeskripsikan teknik pengumpulan data, serta mengembangkan teori yang relevan. Akses terhadap referensi utama di internet juga menjadi hambatan dalam penulisan skripsi. 2) Permasalahan dalam kemampuan mahasiswa menulis skripsi meliputi kesulitan dalam memfokuskan masalah, menyusun instrumen penelitian, menginterpretasikan dan mendeskripsikan teknik pengumpulan data, serta mengembangkan teori yang relevan. Akses terhadap referensi utama di internet juga menjadi hambatan dalam penulisan skripsi. 2) Proses bimbingan skripsi menunjukkan permasalahan terkait keterlambatan atau ketidaktepatan dalam komunikasi, perbedaan harapan dan ekspektasi serta kesulitan dalam pengelolaan waktu. 3) Fasilitas sarana dan prasarana dalam proses penulisan skripsi umumnya dianggap memadai, tetapi pengeluaran dana yang signifikan untuk memprint draft skripsi secara berulang menjadi permasalahan bagi beberapa mahasiswa. 4) Kesehatan mental dan emosional mahasiswa selama proses penulisan skripsi merupakan perhatian penting, karena mayoritas mahasiswa mengalami stress dan gangguan kesehatan.

Kata Kunci: Analisis, Permasalahan Penulisan skripsi, Mahasiswa

ABSTRACT Ela Maita Sari. (2024). Analysis of Student Problems in Writing Thesis in the Department of Physics Education, FKIP USK. This research aims to identify student problems in the thesis writing process in the Physics Education Department, FKIP USK․ This research uses a descriptive qualitative approach. By using survey (questionnaire) and interview methods․ The subjects of this research are students from the Department of Physics Education, FKIP USK who are currently writing their thesis or students who have completed their thesis exam for the odd semester 2023/2024, which comes from students who entered in 2017-2020, totaling 50 students․ The research results show that 1) Obstacles in students' ability to write a thesis include difficulties in focusing on problems, compiling research instruments, interpreting and describing data collection techniques, and developing relevant theories. Access to main references on the internet is also an obstacle in writing a thesis. 2) Problems in students' ability to write a thesis include difficulties in focusing on problems, compiling research instruments, interpreting and describing data collection techniques, and developing relevant theories. Access to main references on the internet is also an obstacle in writing a thesis. 2) The thesis guidance process shows problems related to delays or inaccuracies in communication, differences in hopes and expectations and difficulties in time management. 3) Facilities and infrastructure in the thesis writing process are generally considered adequate, but spending significant funds to print thesis drafts repeatedly is a problem for some students. 4) Students' mental and emotional health during the thesis writing process is an important concern, because the majority of students experience stress and health problems. Keywords: Analysis, Thesis Writing Problems, Students.

Citation



    SERVICES DESK