Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VISUALISASI SEGMEN GARIS SEBAGAI REPRESENTASI JARAK PADA BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY
Pengarang
Nadilah Hasfahani Baeha - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Zahnur - 196905291994031002 - Dosen Pembimbing I
Rini Oktavia - 197010121995122002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2208201010005
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Matematika (S2) / PDDIKTI : 44101
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas mipa., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan perhitungan jarak dalam bangun ruang disebabkan oleh berbagai faktor penghambat seperti pemahaman konsep yang kurang serta keterbatasan dalam menggambar bangun ruang dalam dimensi dua. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality yang mampu memvisualisasikan segmen garis sebagai representasi jarak pada bangun ruang. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan menggunakan software Unity, Adobe Illustrator, dan Visual Studio dengan bahasa pemrograman C#, dengan menerapkan metode pengembangan Research and Development. Penelitian ini berhasil membuat aplikasi media pembelajaran yang diberi nama "3Distance" yang dapat dijalankan pada smartphone Android. Aplikasi ini telah diuji coba pada 36 siswa MAN kelas tiga yang sedang mempelajari materi tentang jarak pada bangun ruang menggunakan metode pretest-posttest control group. Analisis dilakukan terhadap hasil pretest dan posttest menggunakan uji Mann-Whitney U dengan tingkat signifikansi 95%. Hasil pengujian siswa menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa rata-rata peringkat pretest siswa kelompok eksperimen (18,00) dan kelompok kontrol (19,00) tidak berbeda secara signifikan, akan tetapi rata-rata peringkat siswa dalam kelompok eksperimen (22,36) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan rata-rata peringkat siswa kelompok kontrol (14,64) di mana diperoleh nilai p-value 0,017 (< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari nilai posttest antara kedua kelompok, serta media pembelajaran yang dikembangkan memberikan dampak positif pada peningkatan pemahaman siswa dalam mempelajari materi jarak pada bangun ruang kubus dan balok.
The difficulties encountered by students in calculating distances in space are attributable to a number of inhibiting factors, including a lack of understanding of the relevant concepts and limitations in representing space in two dimensions. This research aims to develop Augemented Reality-based interactive learning media that employs the visualisation of line segments as a representation of distance in space. The development of this learning media has been conducted using Unity software, Adobe Illustrator, and Visual Studio with the C# programming language, in accordance with the research and development (R&D) method. The research produced a learning media application, designated "3Distance," that can be executed on Android smartphones. This application was tested on 36 third-grade high school students who were studying the topic of distance in space using the pretest-posttest control group method. The results of the pretest and posttest were subjected to analysis using the Mann-Whitney U test with a significance level of 95%. The results of the Mann-Whitney U test indicated that the average pretest rank of students in the experimental group (18.00) and control group (19.00) were not significantly different. However, the posttest results of The mean rank of students in the experimental group (22.36) was found to be significantly higher than that of students in the control group (14.64), with a p-value of 0.017 (less than 0.05). This indicates a notable disparity in the posttest scores between the two groups. The developed learning media has a discernible impact on enhancing students' comprehension of the topic of distance in cubes and cuboid.
ANALISIS PENERIMAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (RIZKHOTUL MAWADDAH NASUTION, 2024)
MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG UNTUK SISWA SMA KELAS X (Erwanda, 2019)
PENGEMBANGAN MODUL PEMBBELAJARAN TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI BENTUK MOLEKUL (RAHADATUL AISY, 2019)
PEMBUATAN AUGMENTED REALITY OBJEK MASJID KEUCHIK LEUMIK MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 2018.3 DAN VUFORIA 8.1.7 (Rizki Aulia Rahmadhani, 2019)
PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PRAKTIKUM KOROSI (Siti Uliah, 2022)