ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN PADA SUNGAI KRUENG ACEH MENGGUNAKAN HEC-RAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN PADA SUNGAI KRUENG ACEH MENGGUNAKAN HEC-RAS


Pengarang

Muhammad Furqan - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ella Meilianda - 197505302000122001 - Dosen Pembimbing I
Khairul Iqbal - 198403042010121004 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2004101010042

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik Sipil., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salah satu penyebab banjir adalah sedimentasi. Sungai Krueng Aceh memiliki debit tinggi yang dapat mengikis tanah di sepanjang tepi sungai dan mengangkut sedimen dalam jumlah besar. Ketika hujan berhenti dan debit menurun, aliran sungai melambat, menyebabkan sedimen mengendap di dasar sungai, membentuk lapisan baru dan mengubah morfologi dasar sungai. Tingkat sedimentasi yang melebihi kedalaman sungai dapat mengurangi kapasitas aliran dan memicu banjir. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui volume sedimen yang terbawa selama kondisi ekstrem seperti banjir sebagai langkah awal mitigasi banjir akibat sedimentasi untuk memprediksi kapan perlu dilakukannya pengerukan atau normalisasi sungai. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung jumlah sedimen yang mengendap di Sungai Krueng Aceh dan menganalisis perubahan morfologi dasar sungai. Data primer yang dikumpulkan mencakup sampel sedimen dari lapangan. Data sekunder meliputi Digital Elevation Model (DEM) yang telah dikoreksi, data curah hujan harian dan penampang melintang sungai. Data ini digunakan dalam pemodelan hidrodinamika dan morfodinamika sungai menggunakan software HEC-RAS 6.3.1 dengan metode angkutan sedimen Meyer Peter Muller. Hasil pemodelan menunjukkan degradasi terbesar mencapai 2,701 meter yang merupakan daerah belokan sungai (meander) dan agradasi terbesar mencapai 1,426 meter yang merupakan daerah percabangan antara Sungai Krueng Aceh dengan floodway. Hasil lain yang diperoleh yaitu total muatan sedimen sepanjang sungai Krueng Aceh adalah sebesar 799420,548 ton, menunjukkan perubahan dominan berupa agradasi. Volume total agradasi yang tercatat mencapai 10586300,093 ton, sementara volume degradasi di dasar sungai sebesar 9786879,545 ton. Sehingga mengakibatkan peningkatan elevasi dasar sungai yang berdampak pada pendangkalan dasar sungai.

One of the causes of flooding is sedimentation. The Krueng Aceh River has a high discharge that can erode the soil along the riverbank and transport large amounts of sediment. When the rain stops and the discharge decreases, the river flow slows down, causing sediment to settle on the riverbed, forming new layers and changing the morphology of the riverbed. Sedimentation levels that exceed the river depth can reduce the flow capacity and trigger flooding. Therefore, it is important to know the volume of sediment carried during extreme conditions such as floods as an initial step in flood mitigation due to sedimentation to predict when it is necessary to dredge or normalize the river. This study aims to calculate the amount of sediment deposited in the Krueng Aceh River and analyze changes in riverbed morphology. Primary data collected included sediment samples from the field. Secondary data included a corrected Digital Elevation Model (DEM), daily rainfall data and river cross sections.riverbed. This data is used in modeling hydrodynamics and river morphodynamics using HEC-RAS 6.3.1 software with the Meyer Peter Muller sediment transport method. The modeling results showed that the largest degradation reached 2,701 meters which is the area of river bends (meander) and the largest agradation reached 1,426 meters which is the branching area between the Krueng Aceh River and the floodway. Another result obtained is that the total sediment load along the Krueng Aceh river is 799420.548 tons, showing dominant changes in the form of agradation. The total volume of agradation recorded reached 10586300.093 tons, while the volume of degradation on the riverbed was 9786879.545 tons. This resulted in an increase in the elevation of the riverbed which had an impact on the silting of the riverbed.

Citation



    SERVICES DESK