PENGGUNAAN ANIMAKER DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENGHASILKAN MEDIA ANIMASI MATERI FISIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN ANIMAKER DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENGHASILKAN MEDIA ANIMASI MATERI FISIKA


Pengarang

Alnia Junaidi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Saminan - 196204231989031002 - Dosen Pembimbing I
Ahmad Farhan - 196606031991031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103030005

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Majunya teknologi di bidang media pembelajaran digital sangat membantu dunia pendidikan. Media digital sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar fisika. Salah satu media yang dapat digunakan di sekolah yaitu media animasi seperti animaker. Namun hingga saat ini, media ini masih belum terlaksana sepenuhnya dengan baik di sekolah. Sehingga perlu adanya penggunan animaker dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan media animasi materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan animaker dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan media animasi materi fisika hukum newton tentang gerak. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian Pre-Experimental dengan jenis penelitian One-Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2023/2024 dengan populasi seluruh siswa kelas XI dan sampel dari penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas XI-3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, test, rubrik dan angket. Hasil analisis keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh rata-rata 92,875% dengan kategori baik sekali, dan keterlaksanaan aktivitas siswa memperoleh rata-rata 85,437% dengan kategori baik sekali. Hasil analisis uji t menunjukkan t hitung = 3,894 > t tabel 1,692, maka diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan nilai posttes > 76. Analisis proyek siswa memperoleh 47,05% dengan kategori baik sekali. Analisis respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan video animasi berbasis animaker memperoleh 44,11% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, penggunaan animaker dalam proses pembelajaran efektif untuk menghasilkan media animasi materi fisika hukum newton tentang gerak kelas XI-3 di SMA Negeri 3 Banda Aceh.

The advancement of technology in the field of digital learning media is very helpful in the world of education. Digital media is very influential in the physics teaching and learning process. One of the media that can be used in schools is animated media such as animaker. But until now, this media is still not fully implemented properly in schools. So it is necessary to use animaker in the learning process to produce animated media for physics material. This study aims to analyze the effectiveness of using animaker in the learning process to produce animated media of newton's law physics material about motion. The method used is Pre-Experimental research method with One-Shot Case Study research type. This research was conducted at SMA Negeri 3 Banda Aceh in the 2023/2024 school year with a population of all XI grade students and the sample of this study involved 34 students of class XI-3 who were taken by purposive sampling technique. The instruments used to collect data were observation sheets, tests, rubrics and questionnaires. The results of the analysis of the implementation of teacher activities obtained an average of 92.875% with a very good category, and the implementation of student activities obtained an average of 85.437% with a very good category. The results of the t test analysis showed t count = 3.894 > t table 1.692, then it was found that the average student learning outcomes showed a posttest score > 76. Analysis of student projects obtained 47.05% with a very good category. Analysis of student responses to learning using animaker-based animated videos obtained 44.11% in the excellent category. Thus, the use of animaker in the learning process is effective to produce animated media of newton's law physics material about class XI-3 motion at SMA Negeri 3 Banda Aceh.

Citation



    SERVICES DESK