Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TABUNG DI SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN
Pengarang
Ilyas Reski Aziz - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Dra. Bintang Zaura, M.Pd - - - Dosen Pembimbing I
Khairul Umam - 197908102008121002 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103020048
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Model pembelajaran yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran oleh guru
memiliki potensi besar dalam membentuk hasil belajar siswa. Salah satu model
yang dapat diterapkan adalah discovery learning.Discovery Learning merupakan
proses pembelajaran dimana siswa secara aktif terlibat dalam menemukan dan
memahami konsep-konsep baru melalui eksplorasi, pengamatan, dan percobaan
langsung, dengan bimbingan guru sebagai fasilitator.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil
belajar matematika siswa dengan materi bangun ruang sisi lengkung (tabung) di
kelas IX SMP Negeri 1 Panyabungan.Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Desain
penelitian yang digunakan adalah Post-test only control group design. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Panyabungan.
Sampel pada penelitian ini merupakan siswa kelas IX-1 dan Kelas IX-2 dengan
jumlah 22 orang yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan post-test. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis
menggunakan softwere SPSS versi 20. Dari hasil nilai t hitung sebesar 9.706 dan t
tabel sebesar 2.018. Dengan demikian karena nilai t hitung lebih besar t tabel maka dapat
disimpulkan bahwa h nol ditolak dan H saty diterima. Berdasarkan analisis tersebut
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil
belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung (tabung) kelas IX di SMP
Negeri 1 Panyabungan.
he learning model implemented in the learning process by teachers has great potential in shaping student learning outcomes. One of the models that can be applied is discovery learning. Discovery Learning is a learning process where students are actively involved in discovering and understanding new concepts through exploration, observation, and hands-on experimentation, with the guidance of the teacher as a facilitator. This study aims to find out whether there is an influence of the discovery learning model on the mathematics learning outcomes of students with materials to build curved side spaces (tubes) in grade IX of SMP Negeri 1 Panyabungan. The research design used is Post-test only control group design. The population in this study is all grade IX students of SMP Negeri 1 Panyabungan. The sample in this study is students of grades IX-1 and IX-2 with a total of 22 people selected by random sampling technique. The instrument used in this study is a test. The data collection technique was carried out using post-test. The data obtained from the study was analyzed using SPSS version 20 software. From the results of the t-value calculated as 9,706 and the t-table was 2,018. Thus, because the value of t is calculated t table, it can be concluded that ,H zero. rejected and H one. Accepted. Based on the analysis, it was shown that there was an influence of the discovery learning model on student learning outcomes in the building material of the curved side room (tube) of class IX at SMP Negeri 1 Panyabungan. Keywords: Discovery Learnimg.Quasi-Experiment, Learning Outcomes, Tubes
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)
A REVIEW OF SOME EFFECTIVE TECHNIQUES AND MEDIA IN TEACHING ENGLISH TO STUDENTS WITH LEARNING DISABILITY (LIBRARY RESEARCH) (Putri Rizqa Maulida Nst, 2017)
TEACHING SPEAKING SKILL BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Khairun Nisa, 2021)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)
THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)