KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 1 GEUMPANG KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 1 GEUMPANG KABUPATEN PIDIE


Pengarang

FATIMAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200050026

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 1 GEUMPANG KABUPATEN PIDIE

Oleh: Fatimah
NIM: 1209200050026

Komisi Pembimbing:
1. Dr. Djailani AR, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.

ABSTRAK

Komunikasi kepala sekolah adalah proses penyampaikan informasi (pesan) kepada guru dan dapat melaksanakan informasi tersebut kepada anak didik. Kepala Sekolah sebagai sumber informasi di sekolah sangat dibutuhkan oleh guru-guru, agar yang disampaikan dapat terlaksana bagi pengembangan guru itu sendiri dan juga bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kepala sekolah, meliputi: Profesional guru; Disiplin guru; dan Tanggung jawab guru. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ialah guru-guru, kepala, dan komite sekolah di SMA Negeri 1 Geumpang. Hasil penelitian ditemukan: Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru adalah dengan mensyaratkan intelektual, sikap dan keterampilan. Selain itu, guru profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial; Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru adalah dengan menerapkan kepatuhan pada peraturan sekolah dalam bentuk kehadiran tepat waktu, mengajar sesuai dengan perencanaan pembelajaran, dan menyusun perangkat pembelajaran seperti rincian minggu efektif, RPP, program tahunan, program semester, dan kriteria ketuntasan minimal; dan Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan tanggung jawab guru yaitu dengan melaksanakan tugas pokok guru yang meliputi: sebagai pengajar, pembimbing, administrator kelas, pengembangan kurikulum, pengembangan profesi dan membina hubungan masyarakat. Diharapkan kepada komite dan kepala sekolah agar dapat memberikan dorongan dan pembinaan dalam kinerja guru tentang profeionalnya, kedisiplinannya dan tanggungjawabnya secara efektif dan efesien untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah.

Kata Kunci: Komunikasi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK