Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 1 GEUMPANG KABUPATEN PIDIE
Pengarang
FATIMAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200050026
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 1 GEUMPANG KABUPATEN PIDIE
Oleh: Fatimah
NIM: 1209200050026
Komisi Pembimbing:
1. Dr. Djailani AR, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.
ABSTRAK
Komunikasi kepala sekolah adalah proses penyampaikan informasi (pesan) kepada guru dan dapat melaksanakan informasi tersebut kepada anak didik. Kepala Sekolah sebagai sumber informasi di sekolah sangat dibutuhkan oleh guru-guru, agar yang disampaikan dapat terlaksana bagi pengembangan guru itu sendiri dan juga bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kepala sekolah, meliputi: Profesional guru; Disiplin guru; dan Tanggung jawab guru. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ialah guru-guru, kepala, dan komite sekolah di SMA Negeri 1 Geumpang. Hasil penelitian ditemukan: Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru adalah dengan mensyaratkan intelektual, sikap dan keterampilan. Selain itu, guru profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial; Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru adalah dengan menerapkan kepatuhan pada peraturan sekolah dalam bentuk kehadiran tepat waktu, mengajar sesuai dengan perencanaan pembelajaran, dan menyusun perangkat pembelajaran seperti rincian minggu efektif, RPP, program tahunan, program semester, dan kriteria ketuntasan minimal; dan Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan tanggung jawab guru yaitu dengan melaksanakan tugas pokok guru yang meliputi: sebagai pengajar, pembimbing, administrator kelas, pengembangan kurikulum, pengembangan profesi dan membina hubungan masyarakat. Diharapkan kepada komite dan kepala sekolah agar dapat memberikan dorongan dan pembinaan dalam kinerja guru tentang profeionalnya, kedisiplinannya dan tanggungjawabnya secara efektif dan efesien untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah.
Kata Kunci: Komunikasi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru
Tidak Tersedia Deskripsi
STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU BIOLOGI YANG BELUM SERTIFIKASI DENGAN GURU BIOLOGI YANG SUDAH SERTIFIKASI PADA SMA NEGERI RAYON 01 KABUPATEN PIDIE (M. Nasir, 2015)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD GUGUS VI INTI GEUMPANG KABUPATEN PIDIE (ABDUL HADI, 2019)
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 MUTIARA KABUPATEN PIDIE (FITRIANI, 2016)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE (HINDUN, 2015)
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (NURLAILA, 2018)