PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 44 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 44 BANDA ACEH


Pengarang

Khairunnisa Annabila Hasan - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurmasyitah - 198505072010122004 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104040042

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Khairunnisa Annabila Hasan. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh.

Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa lingkungan keluarga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tanggung jawab orang tua bukan hanya sekedar menyekolahkan anak, akan tetapi juga bertanggung jawab untuk membimbing dan mengawasi proses belajarnya. Peran lingkungan keluarga kepada anak tentunya sangat diperlukan agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, dengan jumlah sampel 30 siswa kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas V-A dan V-B. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik korelasi product moment, yang dilanjutkan uji koefisien determinasi untuk mengukur kuat tidaknya hubungan yang dihasilkan, lalu di lanjutkan dengan uji t. Sedangkan analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabelnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 44 Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel, atau 4,459 > 2,048, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh yaitu sebesar 32%. Adapun untuk signifikansi pengaruh variabel lingkungan keluarga dan hasil belajar, dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 13,38 lebih besar dari pada Ftabel pada taraf signifikansi 5%.

Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar.

Khairunnisa Annabila Hasan. (2024). The Influence of Family Environment on The Learning Outcomes of Class V Students at SD Negeri 44 Banda Aceh. This research is based on the fact that the family environment influences student learning outcomes. Parents' responsibility is not just to send their children to school, but they are also responsible for guiding and supervising their learning process. The role of the family environment for children is certainly very necessary in order to improve student learning outcomes. The aim of this research is to determine the influence of the family environment on the learning outcomes of class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh. This research is Ex-post Facto research with a quantitative approach. The population and sample used in this research were 30 class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh. Data collection uses questionnaire and documentation methods. The data analysis technique used to test the hypothesis is the product moment correlation technique, followed by the coefficient of determination test to measure whether the resulting relationship is strong or not, then continued with the t test. Meanwhile, simple regression analysis is used to determine the influence between variables. The results of this research show that the family environment has a significant effect on the learning outcomes of class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh. This is indicated by the value of tcount being greater than ttable, or 4.459 > 2.048, so Ho is rejected and Ha is accepted. Meanwhile, the large influence of the family environment on the learning outcomes of class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh can be seen from the coefficient of determination (R2) value obtained, which is 32%. As for the significance of the influence of family environment variables and learning outcomes, it is stated that there is a significant influence and the proposed hypothesis is accepted. This is indicated by the value of Fcount = 13.38 which is greater than Ftable at the 5% significance level. Keywords: Family Environment, Learning Outcomes.

Citation



    SERVICES DESK