Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 44 BANDA ACEH
Pengarang
Khairunnisa Annabila Hasan - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104040042
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Khairunnisa Annabila Hasan. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh.
Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa lingkungan keluarga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tanggung jawab orang tua bukan hanya sekedar menyekolahkan anak, akan tetapi juga bertanggung jawab untuk membimbing dan mengawasi proses belajarnya. Peran lingkungan keluarga kepada anak tentunya sangat diperlukan agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, dengan jumlah sampel 30 siswa kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas V-A dan V-B. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik korelasi product moment, yang dilanjutkan uji koefisien determinasi untuk mengukur kuat tidaknya hubungan yang dihasilkan, lalu di lanjutkan dengan uji t. Sedangkan analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabelnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 44 Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel, atau 4,459 > 2,048, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh yaitu sebesar 32%. Adapun untuk signifikansi pengaruh variabel lingkungan keluarga dan hasil belajar, dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 13,38 lebih besar dari pada Ftabel pada taraf signifikansi 5%.
Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar.
Khairunnisa Annabila Hasan. (2024). The Influence of Family Environment on The Learning Outcomes of Class V Students at SD Negeri 44 Banda Aceh. This research is based on the fact that the family environment influences student learning outcomes. Parents' responsibility is not just to send their children to school, but they are also responsible for guiding and supervising their learning process. The role of the family environment for children is certainly very necessary in order to improve student learning outcomes. The aim of this research is to determine the influence of the family environment on the learning outcomes of class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh. This research is Ex-post Facto research with a quantitative approach. The population and sample used in this research were 30 class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh. Data collection uses questionnaire and documentation methods. The data analysis technique used to test the hypothesis is the product moment correlation technique, followed by the coefficient of determination test to measure whether the resulting relationship is strong or not, then continued with the t test. Meanwhile, simple regression analysis is used to determine the influence between variables. The results of this research show that the family environment has a significant effect on the learning outcomes of class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh. This is indicated by the value of tcount being greater than ttable, or 4.459 > 2.048, so Ho is rejected and Ha is accepted. Meanwhile, the large influence of the family environment on the learning outcomes of class V students at SD Negeri 44 Banda Aceh can be seen from the coefficient of determination (R2) value obtained, which is 32%. As for the significance of the influence of family environment variables and learning outcomes, it is stated that there is a significant influence and the proposed hypothesis is accepted. This is indicated by the value of Fcount = 13.38 which is greater than Ftable at the 5% significance level. Keywords: Family Environment, Learning Outcomes.
PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Haira Ilmi, 2020)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
PENGARUH PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 INDRAPURI (SANTRI MULIANA, 2024)
PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rita Astarina, 2017)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PIRAMIDA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARING-JARING MAKANAN DI KELAS V SD NEGERI SEURIGET LANGSA (Maghfirah, 2024)