PENGARUH E-MODUL DENGAN KONTEKS ZAKAT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH E-MODUL DENGAN KONTEKS ZAKAT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN


Pengarang

Maimanah Salsabila - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Rahmah Johar - 197011171998032002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103020040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Keterbatasan siswa dalam memahami masalah dengan tepat, kesulitan mengungkapkan masalah yang diberikan menggunakan kalimat sendiri dan media ajar yang kurang bervariasi untuk menunjang kemandirian belajar siswa menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru adalah menerapkan E-modul dengan konteks zakat. Konsepsi zakat menunjukkan kepedulian tinggi terhadap sesama muslim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan E-modul dengan konteks zakat pada materi bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental design dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh dan sampel penellitian kelas VII-7 dan VII-8 yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan E-modul dengan konteks zakat lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan modul ajar dengan konteks zakat. Oleh karena itu, E-modul dengan konteks zakat merupakan sebuah media pembelajaran interaktif untuk menunjang kemandirian siswa dalam belajar serta membangun kemampuan komunikasi matematis siswa.

Students' limitations in understanding the problem appropriately, difficulties in expressing the problems given using their own sentences and teaching media that are less varied to support students' learning independence lead to low students' mathematical communication skills. One alternative that teachers can do is to apply E-modules with the context of zakat. The conception of zakat shows high concern for fellow Muslims. The purpose of this study is to determine the mathematical communication skills of students who learn using E-modules with zakat context on number material. This study used a quantitative approach with a type of true experimental design with a posttest only control group design. The population of this study were all seventh grade students of SMP Negeri 1 Banda Aceh and the samples of VII-7 and VII-8 were selected through simple random sampling technique. The data collection technique used mathematical communication ability test obtained through posttest. The results showed that the mathematical communication skills of students who learned using E-modules with zakat context were better than the mathematical communication skills of students who learned using teaching modules with zakat context. Therefore, E-module with zakat context is an interactive learning media to support students' independence in learning and build students' mathematical communication skills.

Citation



    SERVICES DESK