PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI DAMPAK PEMBAKARAN SENYAWA HIDROKARBON DI KELAS XI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI DAMPAK PEMBAKARAN SENYAWA HIDROKARBON DI KELAS XI


Pengarang

Cahya Maisura - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Latifah Hanum - 196801011994032002 - Dosen Pembimbing I
Zulfadli - 196605021992031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103040040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pengembangan E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) berbasis website wizer.me pada materi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon di kelas XI. Pembakaran senyawa hidrokarbon merupakan salah satu topik yang penting dalam kimia lingkungan yang perlu dipahami secara mendalam oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan E-LKPD yang dikembangkan serta mendeskripsikan tanggapan guru dan peserta didik terhadap E-LKPD pada materi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Ingin Jaya, dengan melibatkan 20 peserta didik di kelas XI IPA 2 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian terdiri dari lembar analisis kebutuhan, lembar kelayakan E-LKPD oleh validator, lembar tanggapan guru, lembar tanggapan peserta didik dan lembar System Usability Scale (SUS). Evaluasi validator menunjukkan kelayakan sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Hasil evaluasi tanggapan dari guru terhadap E-LKPD menunjukkan tanggapan yang sangat baik sebesar 91%, begitu juga peserta didik menunjukkan tanggapan yang sangat baik sebesar 91,13% dan hasil evaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan skor 82,50 yang menunjukkan kategori “baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis website wizer.me pada materi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon dinilai layak digunakan sebagai bahan ajar interaktif dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran.
Kata Kunci : E-LKPD, website wizer.me, dampak pembakaran senyawa hidrokarbon

Development of E-LKPD (Electronic Learner Worksheet) based on the wizer.me website on the material on the impact of burning hydrocarbon compounds in class XI. Combustion of hydrocarbon compounds is one of the important topics in environmental chemistry that needs to be understood in depth by students. This study aims to analyze the feasibility of E-LKPD developed and describe the responses of teachers and students to E-LKPD on the material of the impact of burning hydrocarbon compounds. The research method applied is research and development (R&D) by following the 4-D model, namely define, design, develop, and disseminate. The research location was SMA Negeri 1 Ingin Jaya, involving 20 students in class XI IPA 2 as research subjects. The research instruments consisted of a needs analysis sheet, E-LKPD feasibility sheet by validators, teacher response sheet, student response sheet and System Usability Scale (SUS) sheet. The validator evaluation showed a feasibility of 95% with the category "very feasible". The results of the evaluation of the teacher's response to the E-LKPD showed a very good response of 91%, as well as students showed a very good response of 91.13% and the results of the evaluation using the System Usability Scale (SUS) with a score of 82.50 which shows the category "good". Thus, it can be concluded that the E-LKPD based on the wizer.me website on the material on the impact of burning hydrocarbon compounds is considered feasible to use. Keywords: E-LKPD, wizer.me website, impact of burning hydrocarbon compounds

Citation



    SERVICES DESK