PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LABA PER SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI PENJAMIN EMISI, DAN TIPE SUB INDUSTRI TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LABA PER SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI PENJAMIN EMISI, DAN TIPE SUB INDUSTRI TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA


Pengarang

Muhammad Ilham Azizi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

A. Sakir - 197509032002121002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2001102010004

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Manajemen., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

332.632 22

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, laba per saham, ukuran perusahaan, reputasi penjamin emisi dan tipe sub-industri perusahaan terhadap underpricing saham pada perusahaan manufaktur yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data cross section dengan 89 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia dari periode 2018 – 2022 dengan teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas yang diproksikan dengan ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing saham, leverage yang diproksikan dengan DER tidak berpengaruh terhadap underpricing saham, laba per saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing saham, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing saham, reputasi penjamin emisi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing saham, dan tipe sub-industri perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing saham. Secara simultan profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, leverage yang diproksikan dengan DER, laba per saham, ukuran perusahaan, reputasi penjamin emisi, tipe sub-industri perusahaan manufaktur berpengaruh secara simultan terhadap underpricing saham. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat kontribusi berarti leverage dan tipe sub-industri perusahaan dalam transaksi saham saat underpricing.

This study aims to analyze the influence between profitability, leverage, earnings per share, company size, underwriter reputation, and type of company sub-industry on stock underpricing in manufacturing companies that IPO on the Indonesia Stock Exchange. This study uses cross-section data from 89 manufacturing companies on the Indonesia Stock Exchange from the period 2018 - 2022 with sample selection techniques using a purposive sampling method. The data analysis model used is multiple linear regression analysis. The results showed that partial profitability proxied by ROA has a negative and significant effect on stock underpricing, leverage proxied by DER does not affect stock underpricing, earnings per share has a positive and significant effect on stock underpricing, company size has a positive and significant effect on stock underpricing, underwriter reputation has a negative and significant effect on stock underpricing, and company sub-industry type has no effect on stock underpricing. Simultaneously profitability proxied by ROA, leverage proxied by DER, earnings per share, company size, underwriter reputation, and type of sub-industry of manufacturing companies affect stock underpricing. These results indicate that there is no significant contribution of leverage and sub-industry type in stock transactions during underpricing.

Citation



    SERVICES DESK