KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SPLDV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LUMIO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SPLDV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN LUMIO


Pengarang

Silmi Masturah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bintang Zaura - 196311091991032001 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103020087

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar siswa, namun hasil belajar juga dapat dipengaruhi oleh banyak faktor lain, termasuk motivasi, lingkungan belajar dan dukungan yang siswa terima. Hasil belajar merupakan akhir dari proses belajar sehingga apabila seseorang ingin mencapai hasil belajar maka harus mengikuti proses belajar tersebut. Namun, pada kenyataannya hasil belajar matematika siswa masih dikategorikan rendah. Hal ini terjadi karena siswa masih kurang memahami konsep materi dengan baik, pembelajaran yang masih berfokus pada guru walaupun dalam proses pembelajaran guru memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan aktivitas berdiskusi kepada siswa, serta kurangnya penggunaan alat atau sarana pembelajaran digital dalam proses belajar mengajar. Salah satu solusi alternatif yang dapat digunakan guru adalah dengan menerapkan model pembelejaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis website Lumio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi SPLDV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan lumio mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikelas VIII MTsN Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre- experimental design dengan jenis penelitian one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar dan sampel pada penelitian ini sebanyak 32 siswa melalui teknik simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan berupa soal tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lumio dengan Z_hitung>Z_tabel yaitu 3,9174 > 1,645, maka H_0 ditolak dan menerima H_a jadi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lumio mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP).
Kata kunci: Hasil belajar, Kemampuan Siswa, Lumio, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, SPLDV.

Student ability is an important factor affecting student learning outcomes, but learning outcomes can also be influenced by many other factors, including motivation, learning environment and the support students receive. Learning outcomes are the end of the learning process so that if someone wants to achieve learning outcomes, they must follow the learning process. However, in reality, students' mathematics learning outcomes are still categorized as low. This happens because students still do not understand the concept of material well, learning that is still teacher-focused even though in the learning process the teacher provides opportunities to ask questions and discuss activities with students, as well as the lack of use of digital learning tools or facilities in the teaching and learning process. One of the alternative solutions that teachers can use is to apply the Jigsaw Type Cooperative learning model based on the Lumio website. The purpose of this study was to determine the completeness of student learning outcomes on SPLDV material through the Jigsaw type cooperative learning model assisted by Lumio to reach the Learning Objective Achievement Criteria (KKTP) value in class VIII MTsN Aceh Besar. This study uses a quantitative approach with a pre- experimental design with a one-shot case study type of research. The population of this study were all students of class VIII MTsN 2 Aceh Besar and the sample in this study were 32 students through simple random sampling technique. The instrument used is a learning outcome test question that has been validated by experts and practitioners. The results showed that there was completeness of student learning outcomes after applying the jigsaw type cooperative learning model assisted by lumio with Zhitung > Ztabel, namely 3.9174 > 1.645, then H0 was rejected and accepted Ha so the jigsaw type cooperative learning model assisted by lumio reached the Criteria for Achieving Learning Objectives (KKTP). Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Lumio, Learning Outcomes, SPLDV, Student Ability.

Citation



    SERVICES DESK