Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 BANDA ACEH
Pengarang
Nanda Salwana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104040037
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pembelajaran dalam bidang IPAS di abad-21 sudah berorientasi pada kompetensi 4C yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi yang akan memengaruhi cara belajar siswa. Dalam memecahkan masalah, dibutuhkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa salah satunya pada materi IPAS mengenai bagian tubuh tumbuhan. Namun, pada kondisi yang nyata siswa masih kesulitan dalam memahami materi dengan adanya perbedaan bentuk bagian tubuh tumbuhan. Untuk itu, perlu adanya pembaruan gaya belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan dapat mengasah kemampuan berpikirnya. Maka, digunakanlah suatu model dalam penelitian ini yaitu model inkuiri berbasis outdoor study. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh model inkuiri berbasis outdoor study terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV SDN 29 Banda Aceh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri berbasis outdoor study terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV SDN 29 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design berupa nonequivalent control grup design. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling oleh kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest, teknik analisis data berbantu SPSS uji-t independent sample test. Hasil uji-t independent diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri berbasis outdoor study terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV SDN 29 Banda Aceh.
Kata kunci: Model Inkuiri, Outdoor Study, Keterampilan Berpikir Kritis, Bagian Tubuh Tumbuhan.
Learning in the science and science field in the 21st century is oriented towards the 4C competencies, namely critical thinking, creativity, communication and collaboration which will influence the way students learn. Learning must be able to motivate students to think critically in solving problems. However, learning that does not involve students will make students less active, boring, and lack the ability to think about the problems being studied. For this reason, it is necessary to renew learning styles that involve students actively and can develop their thinking abilities. So, a model was used in this research, namely the Outdoor Study-based inquiry model. The formulation of the problem in this research is "Is there an influence of the outdoor study-based inquiry model on critical thinking skills regarding plant body parts material for class IV students at SDN 29 Banda Aceh?". This research aims to determine the effect of an outdoor study-based inquiry model on critical thinking skills regarding plant body parts in class IV students at SDN 29 Banda Aceh. The approach in this research is a quantitative approach of the Quasi Experimental Design type in the form of Nonequivalent Control Group Design. Sampling used a total sampling technique with class IVA as the control class and IVB as the experimental class, with each class consisting of 30 students. This research instrument is a description test with 5 questions. The data collection technique uses tests in the form of pretest and posttest, data analysis techniques use SPSS 22, and hypothesis testing uses the independent sample t-test. The results of the independent t-test obtained a significance value (2-tailed) of 0.000
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN RNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWARN PADA MATERI STRUKTUR DAN RNFUNGSI TUBUH TUMBUHAN (RUSLI, 2014)
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA (Cut Nurul Fitri, 2024)
PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI UNGGUL KOTA BANDA ACEH (JULIA, 2018)
PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rita Astarina, 2017)
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MAS DARUL IHSAN (SUSI YANTI, 2021)