Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL PADA SISWA DI KELAS VII SMPN 2 KLUET SELATAN
Pengarang
Annisa Dwiana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ismawan - 196808151995121002 - Dosen Pembimbing I
Yuli Astuti - 199007202019032019 - Dosen Pembimbing II
Ari Palawi - 197411102003121003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906102030048
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Sendratasik., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Media Audio Visual, Materi Menyanyikan lagu Wajib Nasional
Penelitian yang berjudul “Penerapan Media Audio Visual Pada Materi Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Pada Siswa di Kelas VII SMPN 2 Kluet Selatan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan pada penerapan media audio visual terhadap kualitas belajar siswa dalam menyanyikan lagu wajib nasional dikelas VII SMPN 2 Kluet Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh sebelum dan sesudah penerapan media audio visual menggunakan analisis data reduksi data deskripsi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dalam menyanyikan lagu wajib nasional, hal ini diperoleh dari hasil observasi aktifitas proses pembelajaran dan di peroleh dari hasil observasi, tes berdasarkan nilai pretes dan posttes berjumlah keseluruhan siswa 22 terdapat 4 siswa yang tuntas KKM dan 18 lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM maka presentase perolehan nilai pretes sebesar 18,18% dengan perolehan nilai minimum 30, dan maksimum 70, setelah melakukan pembelajaran, diberikan posttes dengan pertanyaan yang sama nilai siswa yang tuntas KKM berjumlah 19 siswa dan tidak tuntas KKM sebanyak 3 siswa, presentase siswa pada nilai posttes 86,36% dengan nilai minimum 60 dan maksimum 90. Dari hasil observasi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran pada materi menyanyikan lagu wajib nasional secara unisono dengan menggunakan penerapan media audio visual menunjukkan antusiasme siswa merespon dan memahami materi cukup baik.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL KELAS VII DI SMP NEGERI 18 KOTA BANDA ACEH (KEMBANG AYU AGUSTYA, 2017)
PENERAPAN METODE SOLFEGIO PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA MATERI LAGU WAJIB NASIONALRNDI SMA NEGERI 1 SAMALANGA (UMMAYAL AMNI, 2022)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR TARI TRADISIONAL GUEL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN TANPA AUDIO-VISUAL DI SMPN 1 DARUSSALAM (Susi Triani, 2018)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014)