Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS XI DI MAN 2 BANDA ACEH
Pengarang
Ananda Muliyana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Susanna - 196307071989032001 - Dosen Pembimbing I
Susilawati - 198112072006042003 - Dosen Pembimbing II
Ahmad Farhan - 196606031991031003 - Penguji
Agus Wahyuni - 196208251988111001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103030007
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih sangat rendah sehingga hasil belajar yang dicapai oleh siswa juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-postest non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan melibatkan 66 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberikan soal yang sama dalam bentuk pilihan ganda beralasan sebanyak 20 soal untuk melihat kemampuan berpikir kritis fisika siswa dari masing-masing kelas tersebut. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model discovery learning memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan model direct instruction. Hasil ini juga didukung dengan adanya perbedaan nilai rata-rata pre test dan post test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 42,56 dan 75,64 sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 39,97 dan 71,91. Berdasarkan data yang diperoleh selama penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di MAN 2 Banda Aceh
Kata Kunci: Model discovery learning, metode eksperimen, keterampilan berpikir kritis.
The problem that occurs in learning is that students' critical thinking skills are still very low so that the learning outcomes achieved by students are also low. This research aims to determine the effect of the discovery learning model on students' critical thinking skills. The type of research is quantitative research with a quasi-experimental method using a pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampling was carried out using a purposive sampling technique involving 66 students as samples. This research used an experimental class and a control class which were given the same questions in the form of 20 reasoned multiple choice questions to see the physics critical thinking abilities of students from each class. Based on the results of data analysis, it shows that experimental class students taught using the discovery learning model have better critical thinking skills than control class students taught using the direct instruction model. This result is also supported by the difference in the average pre-test and post-test scores between the experimental class and the control class. The average pre-test and post-test scores for the experimental class were 42.56 and 75.64, while the average pre-test and post-test scores for the control class were 39.97 and 71.91. Based on the data obtained during the research, it shows that there is an influence using the discovery learning model on the critical thinking abilities of class XI students at MAN 2 Banda Aceh. Keywords: Discovery learning model, experimental method, critical thinking skills
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG (Hershinta Desiandra, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI PADA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Siti Mutiah, 2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PADA SISWA MAN 3 BANDA ACEH (Anggi Safitri, 2024)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (Firaq Akbar, 2024)