PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING PT BANK SYARIAH INDONESIA PADA KALANGAN MAHASISWA DI KOTA BANDA ACEH DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING PT BANK SYARIAH INDONESIA PADA KALANGAN MAHASISWA DI KOTA BANDA ACEH DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Pengarang

ADAM DAFFA GHIFARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurma Sari - 198907182015042002 - Dosen Pembimbing I
Khairil Umuri - 199102222019031017 - Penguji
Novi Indriyani Sitepu - 198005012015042001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2001104010045

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Islam., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, manfaat, dan keamanan terhadap minat penggunaan Mobile Banking PT Bank Syariah Indonesia pada kalangan mahasiswa di Kota Banda Aceh, dengan sikap sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dari penyebaran kuisioner kepada 100 mahasiswa pengguna Mobile Banking Bank Syariah Indonesia di Kota Banda Aceh. Adapun responden dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan metode hair. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis menggunakan metode Structural equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, manfaat, dan sikap berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia pada mahasiswa di kota Banda Aceh. Variabel Keamanan tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat penggunaan mobile banking. Selain itu, variabel kemudahan penggunaan, Manfaat dan Keamanan juga berpengaruh secara langsung terhadap variabel Sikap. Variabel Sikap juga terbukti menjadi mediator secara parsial pada hubungan antara variabel kemudahan penggunaan dan minat penggunaan serta hubungan antara variabel manfaat dan minat penggunaan. Sedangkan pada hubungan antara variabel Keamanan terhadap Minat Penggunaan, Sikap menjadi mediator secara penuh, dengan kata lain variabel Keamanan berpengaruh terhadap Minat Penggunaan hanya jika dimediasi oleh variabel Sikap.
Kata Kunci: Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Keamanan, Sikap, Minat Penggunaan, Mobile Banking

ABSTRACT This research aims to analyze the influence of ease of use, benefits and security on interest in using PT Bank Syariah Indonesia Mobile Banking among students in Banda Aceh City, with attitude as a mediating variable. This research is a quantitative research that uses primary data from distributing questionnaires to 100 students using Bank Syariah Indonesia Mobile Banking in Banda Aceh City. The respondents in this study were determined using a purposive sampling technique using the hair method. Data collected through questionnaires was analyzed using the Structural equation Modeling (SEM) method to test the relationship between variables. The research results show that ease of use, usefulness, and attitude have a significant effect on students' interest in using Bank Syariah Indonesia Mobile Banking. The Security variable has no direct effect on interest in using Mobile Banking. Apart from that, ease of use, usefulness and security also have a direct influence on user attitudes. Student attitudes were also proven to be a partial mediator between ease of use and interest in use and usefulness and interest in use, as well as being a complete mediator between secure and interest in use, in other words, security variables influence intention to use only if mediated by attitude variable. Keywords: Ease of Use, Usefulness, Security, Attitude, Interest in Use, Mobile Banking

Citation



    SERVICES DESK