Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI MAHASISWA PSPPA DEPARTEMEN FARMASI FMIPA USK TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA PROFESI APOTEKER
Pengarang
Miftahul Jannah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sadli - 197602062009121002 - Dosen Pembimbing I
Tedy Kurniawan Bakri - 198705082015041002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2008109010045
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Farmasi (S1) / PDDIKTI : 48201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas MIPA Farmasi., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) merupakan metode utama dalam pendidikan Apoteker untuk mencapai kompetensi minimal seperti yang terdapat pada standar kompetensi Apoteker, baik secara teori maupun keterampilan dalam penyelesaian kasus nyata kefarmasian, yang nantinya diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar siap dalam melakukan praktik kefarmasian. Persepsi mahasiswa diperlukan sebagai salah satu evaluasi terhadap pelaksanaan PKPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) terhadap pelaksanaan PKPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan rancangan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini merupakan mahasiswa PSPPA Departemen Farmasi FMIPA USK angkatan pertama yang telah selesai melaksanakan PKPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berpendapat sangat setuju (51,8%), setuju (5,7%), ragu-ragu (1,6%) terhadap pelaksanaan PKPA. Sebesar 0,8% mahasiswa tidak setuju terkait persiapan mahasiswa PSPPA dalam melakukan PKOD, sehingga disarankan untuk meningkatkan fasilitas yang mendukung pelaksanaan PKOD. Kesimpulan penelitian ini adalah persepsi mahasiswa PSPPA terhadap pelaksanaan PKPA pada aspek keterampilan klinis; aspek profesionalisme, pengembangan diri, dan komunikasi; aspek keterampilan teknis; aspek preseptor PKPA; dan aspek wahana PKPA menunjukkan persepsi positif.
Pharmacist Professional Work Practice (PKPA) is the main method in pharmacist education to achieve minimum competencies as contained in the Pharmacist competency standards, both in theory and skills in solving real pharmaceutical cases, which are later expected to be a medium to improve student competence so that they are ready to carry out pharmaceutical practice. Student perceptions are needed as an evaluation of the implementation of PKPA. This study aims to determine the perceptions of Pharmacist Professional Education Study Program (PSPPA) students towards the implementation of PKPA. This study used descriptive analytic method with cross-sectional design. The sample in this study were the first batch of PSPPA students of the Department of Pharmacy FMIPA USK who had completed PKPA. The sampling technique used was total sampling with a sample size of 39 respondents. The results showed that students strongly agreed (51.8%), agreed (5.7%), undecided (1.6%) on the implementation of PKPA. As many as 0.8% of students disagree regarding the preparation of PSPPA students in conducting PKOD, so it is recommended to improve facilities that support the implementation of PKOD. The conclusion of this study is that the perceptions of PSPPA students towards the implementation of PKPA in the aspects of clinical skills; aspects of professionalism, self-development, and communication; aspects of technical skills; aspects of PKPA preceptors; and aspects of PKPA vehicles show positive perceptions.
GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK APOTEKER TERHADAP CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RUJUKAN COVID-19 PROVINSI ACEH (RATU IKRAMAH RIZKI, 2021)
PENGARUH PERSEPSI STANDAR AUDIT, POTENSI DIRI,MOTIVASI EKONOMI, DAN MOTIVASI KARIR TERHADAP PROFESI AUDITOR EKSTERNAL ( STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (Dara Auni, 2016)
PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PRAJABATAN DI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Putri Adila, 2024)
PERSEPSI KEPALA SEKOLAH, GURU DAN STAF SLB YPAC II BANDA ACEH TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) MAHASISWA FKIP UNSYIAH TAHUN 2015/2016 (Ferryandi, 2018)
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMBIMBING KLINIK PENDIDIKAN PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (DINDA AZWANI, 2024)