PERSEPSI MAHASISWA PSPPA DEPARTEMEN FARMASI FMIPA USK TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA PROFESI APOTEKER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERSEPSI MAHASISWA PSPPA DEPARTEMEN FARMASI FMIPA USK TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA PROFESI APOTEKER


Pengarang

Miftahul Jannah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sadli - 197602062009121002 - Dosen Pembimbing I
Tedy Kurniawan Bakri - 198705082015041002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2008109010045

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Farmasi (S1) / PDDIKTI : 48201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA Farmasi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) merupakan metode utama dalam pendidikan Apoteker untuk mencapai kompetensi minimal seperti yang terdapat pada standar kompetensi Apoteker, baik secara teori maupun keterampilan dalam penyelesaian kasus nyata kefarmasian, yang nantinya diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar siap dalam melakukan praktik kefarmasian. Persepsi mahasiswa diperlukan sebagai salah satu evaluasi terhadap pelaksanaan PKPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) terhadap pelaksanaan PKPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan rancangan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini merupakan mahasiswa PSPPA Departemen Farmasi FMIPA USK angkatan pertama yang telah selesai melaksanakan PKPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berpendapat sangat setuju (51,8%), setuju (5,7%), ragu-ragu (1,6%) terhadap pelaksanaan PKPA. Sebesar 0,8% mahasiswa tidak setuju terkait persiapan mahasiswa PSPPA dalam melakukan PKOD, sehingga disarankan untuk meningkatkan fasilitas yang mendukung pelaksanaan PKOD. Kesimpulan penelitian ini adalah persepsi mahasiswa PSPPA terhadap pelaksanaan PKPA pada aspek keterampilan klinis; aspek profesionalisme, pengembangan diri, dan komunikasi; aspek keterampilan teknis; aspek preseptor PKPA; dan aspek wahana PKPA menunjukkan persepsi positif.

Pharmacist Professional Work Practice (PKPA) is the main method in pharmacist education to achieve minimum competencies as contained in the Pharmacist competency standards, both in theory and skills in solving real pharmaceutical cases, which are later expected to be a medium to improve student competence so that they are ready to carry out pharmaceutical practice. Student perceptions are needed as an evaluation of the implementation of PKPA. This study aims to determine the perceptions of Pharmacist Professional Education Study Program (PSPPA) students towards the implementation of PKPA. This study used descriptive analytic method with cross-sectional design. The sample in this study were the first batch of PSPPA students of the Department of Pharmacy FMIPA USK who had completed PKPA. The sampling technique used was total sampling with a sample size of 39 respondents. The results showed that students strongly agreed (51.8%), agreed (5.7%), undecided (1.6%) on the implementation of PKPA. As many as 0.8% of students disagree regarding the preparation of PSPPA students in conducting PKOD, so it is recommended to improve facilities that support the implementation of PKOD. The conclusion of this study is that the perceptions of PSPPA students towards the implementation of PKPA in the aspects of clinical skills; aspects of professionalism, self-development, and communication; aspects of technical skills; aspects of PKPA preceptors; and aspects of PKPA vehicles show positive perceptions.

Citation



    SERVICES DESK