Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIS DAN NILAI BELANJA UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PADA KONSUMEN MUSLIM PENGGUNA E-COMMERCE DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
IRMA RAHMA YANTI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ridwan Nurdin - 197006092005011003 - Dosen Pembimbing I
Ahmad Nizam - 196609201993031003 - Penguji
T. Meldi Kesuma - 197505152006041001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2001104010093
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Ekonomi Islam (S1)., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai belanja hedonis dan nilai belanja utilitarian terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pada konsumen muslim Muslim pengguna e-ocmmerce di Kota Banda Aceh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dari 222.582 populasi dengan menggunakan rumus Slovin dan metode penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 22 terbaru dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai belanja hedonis berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan tetapi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada konsumen Muslim pengguna e-commerce di Kota Banda Aceh. Nilai belanja utilitarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pada konsumen Muslim pengguna e-commerce di Banda Aceh. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan mampu memediasi secara parsial nilai belanja utilitarian terhadap loyalitas pada konsumen Muim pengguna e-commerce di Kota Banda Aceh. Akan tetapi, kepuasan tidak mampu memediasi antara nilai belanja hedonis terhadap loyalitas pada konsumen Muslim pengguna e-commerce di Kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Nilai Belanja Hedonis, Nilai Belanja Utilitarian, Loyalitas, Kepuasan
ABSTRACT This research aims to determine the influence of hedonic shopping value and utilitarian shopping value on loyalty which is mediated by satisfaction among Muslim consumers who use e-ocommerce in Banda Aceh City. The sample in this study consisted of 100 respondents from a population of 222,582 using the Slovin formula and the sampling method in this study used nonprobability sampling with a purposive sampling technique. The data analysis technique uses the latest SPSS version 22 and the analysis method used in this research is path analysis. This research shows that the hedonic value of shopping has a positive but not significant effect on satisfaction but has a positive and significant effect on loyalty among Muslim consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. The value of utilitarian shopping has a positive and significant effect on satisfaction and loyalty among Muslim consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. Satisfaction has a positive and significant effect on loyalty and satisfaction is able to partially mediate the value of utilitarian shopping on loyalty among consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. However, satisfaction is not able to mediate between hedonic shopping value and loyalty among Muslim consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. Keywords: Hedonic Shopping Value, Utilitarian Shopping Value, Loyalty, Satisfaction
PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIS DAN UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS DESTINASI WISATA DENGAN KEPUASAN BELANJA SECARA KESELURUHAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA DESTINASI WISATA KOTA SABANG (Irbahani Samirna, 2016)
PENGARUH MOTIVASI UTILITARIAN DAN MOTIVASI HEDONIS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGUNJUNG SPORT STATION BANDA ACEH (MUNAWWARATUN HUSNA, 2018)
PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP PERPINDAHAN MEREK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI PEMODERASI (STUDI KASUS PERPINDAHAN MEREK DARI SMARTPHONE LAIN KE IPHONE PADA MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (MUHD RAZI FALLEFI, 2018)
PENGARUH UTILITARIAN DAN HEDONIS TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPERCAYAAN DENGAN PRICE CONSCIOUSNESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA RNE-MARKETPLACE INDONESIA (Muhammad Rezaldi, 2022)
PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIK DAN NILAI BELANJA HEDONIK TERHADAP PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Winda Utamy, 2013)