PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIS DAN NILAI BELANJA UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PADA KONSUMEN MUSLIM PENGGUNA E-COMMERCE DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIS DAN NILAI BELANJA UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PADA KONSUMEN MUSLIM PENGGUNA E-COMMERCE DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

IRMA RAHMA YANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ridwan Nurdin - 197006092005011003 - Dosen Pembimbing I
Ahmad Nizam - 196609201993031003 - Penguji
T. Meldi Kesuma - 197505152006041001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2001104010093

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Ekonomi Islam (S1)., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai belanja hedonis dan nilai belanja utilitarian terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pada konsumen muslim Muslim pengguna e-ocmmerce di Kota Banda Aceh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dari 222.582 populasi dengan menggunakan rumus Slovin dan metode penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 22 terbaru dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai belanja hedonis berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan tetapi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada konsumen Muslim pengguna e-commerce di Kota Banda Aceh. Nilai belanja utilitarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pada konsumen Muslim pengguna e-commerce di Banda Aceh. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan mampu memediasi secara parsial nilai belanja utilitarian terhadap loyalitas pada konsumen Muim pengguna e-commerce di Kota Banda Aceh. Akan tetapi, kepuasan tidak mampu memediasi antara nilai belanja hedonis terhadap loyalitas pada konsumen Muslim pengguna e-commerce di Kota Banda Aceh.

Kata Kunci: Nilai Belanja Hedonis, Nilai Belanja Utilitarian, Loyalitas, Kepuasan

ABSTRACT This research aims to determine the influence of hedonic shopping value and utilitarian shopping value on loyalty which is mediated by satisfaction among Muslim consumers who use e-ocommerce in Banda Aceh City. The sample in this study consisted of 100 respondents from a population of 222,582 using the Slovin formula and the sampling method in this study used nonprobability sampling with a purposive sampling technique. The data analysis technique uses the latest SPSS version 22 and the analysis method used in this research is path analysis. This research shows that the hedonic value of shopping has a positive but not significant effect on satisfaction but has a positive and significant effect on loyalty among Muslim consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. The value of utilitarian shopping has a positive and significant effect on satisfaction and loyalty among Muslim consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. Satisfaction has a positive and significant effect on loyalty and satisfaction is able to partially mediate the value of utilitarian shopping on loyalty among consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. However, satisfaction is not able to mediate between hedonic shopping value and loyalty among Muslim consumers who use e-commerce in Banda Aceh City. Keywords: Hedonic Shopping Value, Utilitarian Shopping Value, Loyalty, Satisfaction

Citation



    SERVICES DESK