Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH
Pengarang
Dewiana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906104040053
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe NHT, Masalah Sosial.
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Head Together (NHT) pada materi Masalah Sosial di Kelas IV SD Negeri
40 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat
mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri
40 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa
dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT). Jenis penelitian yang digunakan bersifat eksperimen semu yaitu menerapkan
materi pada satu kelas, design yang digunakan yaitu design one-shot case study
(metode pre-eksperimen) dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik tes. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT.
Teknik analisis data menggunakan uji t. Soal dalam bentuk choise yang berjumlah 20
soal dengan total skor 100. Perangkat penelitian yang digunakan meliputi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal tes hasil
belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 24 orang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest
sebelum penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Secara
keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat mencapai ketuntasan hasil
belajar pada materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri 40 Banda Aceh. Pada taraf
signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1), dk = 24 - 1 = 23, maka
distribusi t dengan t1-?(dk) = t1-0,05 (23) = t0,95 (23) sehingga diperoleh t0,95(23) = 1,71.
Dengan demikian diperoleh t hitung > ttabel yaitu 5,8 > 1,71. Dengan demikian Ho
ditolak dan H1 diterima, oleh karena itu hipotesis dalam penelitian ini yang
mengatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dapat
mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi masalah sosial di SD Negeri 40
Banda Aceh dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan
pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat mencapai ketuntasan
belajar siswa pada materi masalah sosial di kelas IV SD negeri 40 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Dewiana, 2015)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH (rauzatul husna, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH DARI DUA TIPE MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TINJAUAN KASUS PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA) (Fikra Bayu Zaliqa, 2014)