PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH


Pengarang

Dewiana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe NHT, Masalah Sosial.
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Head Together (NHT) pada materi Masalah Sosial di Kelas IV SD Negeri
40 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat
mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri
40 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa
dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT). Jenis penelitian yang digunakan bersifat eksperimen semu yaitu menerapkan
materi pada satu kelas, design yang digunakan yaitu design one-shot case study
(metode pre-eksperimen) dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik tes. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT.
Teknik analisis data menggunakan uji t. Soal dalam bentuk choise yang berjumlah 20
soal dengan total skor 100. Perangkat penelitian yang digunakan meliputi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal tes hasil
belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 24 orang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest
sebelum penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Secara
keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat mencapai ketuntasan hasil
belajar pada materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri 40 Banda Aceh. Pada taraf
signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1), dk = 24 - 1 = 23, maka
distribusi t dengan t1-?(dk) = t1-0,05 (23) = t0,95 (23) sehingga diperoleh t0,95(23) = 1,71.
Dengan demikian diperoleh t hitung > ttabel yaitu 5,8 > 1,71. Dengan demikian Ho
ditolak dan H1 diterima, oleh karena itu hipotesis dalam penelitian ini yang
mengatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dapat
mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi masalah sosial di SD Negeri 40
Banda Aceh dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan
pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat mencapai ketuntasan
belajar siswa pada materi masalah sosial di kelas IV SD negeri 40 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK