FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERHADAP KEMAMPUAN PENYERAPAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERHADAP KEMAMPUAN PENYERAPAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Zahara Yani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0061130256

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2005

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Daya serap siswa merupakan tolak ukur untuk menetapkan kemajuan belajar, dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang bersifat internal maupun yang bersifat eksternal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya serap (prestasi belajar) siswa adalah faktor kebiasaan belajar dan motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk. mengetahui daya serap siswa terhadap mata pelajaran akuntansi ditinjau dari kebiasaan belajar pada siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh, daya serap siswa terhadap mata pelajaran akuntansi ditinjau dari motivasi belajar pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh, dan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi daya serap siswa rerhadap mata pelajaran akuntansi pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Jurusan Akuntansi pada SMK Negeri I Banda Aceh yang telah mengambil mata pelajaran akuntansi. Sedangkan sebagai sampel penulis hanya mengambil siswa sebanyak 49 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu diolah dengan menggunakan skala linkert untuk mengetahui tingkat kebiasaan belajar dan motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk mengetahui korelasi daya serap (prestasi belajar) ditinjau dari kebiasaan belajar dan motivasi belajar menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan daya serap (prestasi belajar) terhadap mata pelajaran akuntansi pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh, juga terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan daya serap (prestasi belajar) terhadap mata pelajaran akuntansi pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh. Faktor yang dominan mempengaruhi daya serap (prestasi belajar) antara kebiasaan belajar dengan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran akuntansi pada SM K Negeri I Banda Aceh adalah faktor motivasi belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK