Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERHADAP KEMAMPUAN PENYERAPAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH
Pengarang
Zahara Yani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0061130256
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2005
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Daya serap siswa merupakan tolak ukur untuk menetapkan kemajuan belajar, dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang bersifat internal maupun yang bersifat eksternal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya serap (prestasi belajar) siswa adalah faktor kebiasaan belajar dan motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk. mengetahui daya serap siswa terhadap mata pelajaran akuntansi ditinjau dari kebiasaan belajar pada siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh, daya serap siswa terhadap mata pelajaran akuntansi ditinjau dari motivasi belajar pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh, dan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi daya serap siswa rerhadap mata pelajaran akuntansi pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Jurusan Akuntansi pada SMK Negeri I Banda Aceh yang telah mengambil mata pelajaran akuntansi. Sedangkan sebagai sampel penulis hanya mengambil siswa sebanyak 49 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu diolah dengan menggunakan skala linkert untuk mengetahui tingkat kebiasaan belajar dan motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk mengetahui korelasi daya serap (prestasi belajar) ditinjau dari kebiasaan belajar dan motivasi belajar menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan daya serap (prestasi belajar) terhadap mata pelajaran akuntansi pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh, juga terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan daya serap (prestasi belajar) terhadap mata pelajaran akuntansi pada siswa SMK Negeri I Banda Aceh. Faktor yang dominan mempengaruhi daya serap (prestasi belajar) antara kebiasaan belajar dengan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran akuntansi pada SM K Negeri I Banda Aceh adalah faktor motivasi belajar.
Tidak Tersedia Deskripsi
KESULITAN-KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI (SUATU STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH) (Syarbaini, 2021)
KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA (Rina Shintia Devi, 2016)
PENGARUH KEMAMPUAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 4 KISARAN PENGARUH KEMAMPUAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 4 KISARAN PENGARUH KEMAMPUAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 4 KISARAN (Rika Suwarningsih, 2018)
ANALISIS KOMPETENSI SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Irwan Syahrizal, 2021)
PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 1 KOTA SABANG (Rista Nora, 2021)