Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP
Pengarang
Otari Nurhalizah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Erni Maidiyah - 196405071989032001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103020090
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.118
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan berpikir kreatif di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang dibuktikan dengan siswa yang masih kebingungan dalam mengerjakan soal dan lain sebagainya. Kurikulum yang ada sekarang mengutamakan kemampuan berpikir kreatif siswa saat belajar. Dari hasil PISA matematika 2022 dengan skor 379 tingkat capaiannya masih di bawah rata-rata dengan rata-rata keseluruhan yaitu 490 hanya 18 % siswa yang memperoleh kehamiran matematika minimal level 2. Hasil rata-rata pada tahun 2022 menunjukkan penurunan mencapai 12-13 poin dibandingkan dengan tahun 2018. Hasil PISA tidak hanya mencerminkan tingkat pemahaman siswa terhadap kurikulum, tetapi juga kemampuan berpikir kreatif, menafsirkan informasi dan memecahkan masalah dalam berbagai konteks kehidupan. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternative yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa yaitu melalui penerapan RME. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan RME di kelas VIII SMP Negeri 1 Kutacane. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu pre-experimental dengan jenis one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kutacane dan sampel seluruh siswa kelas VIII inti 1 yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian berupa 3 butir soal. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan RME dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kutacane.
The ability to think creatively in Indonesia is still very low. The low ability to think creatively among students is proven by students who are still confused when working on questions and so on. The current curriculum prioritizes students' creative thinking abilities when studying. From the 2022 PISA mathematics results with a score of 379, the achievement level is still below average with an overall average of 490, only 18% of students obtained a minimum level 2 mathematics proficiency. The average results in 2022 show a decrease of 12-13 points compared to with 2018. PISA results not only reflect students' level of understanding of the curriculum, but also their ability to think creatively, interpret information and solve problems in various life contexts. Therefore, an alternative is needed that can improve students' mathematical thinking abilities, namely through the application of RME. The aim of this research is to determine the increase in students' creative thinking abilities through the application of RME in class VIII of SMP Negeri 1 Kutacane. This research is a quantitative research with the design used, namely pre-experimental with one group pretest-posttest type. The population of this research was all class VIII students at SMP Negeri 1 Kutacane and a sample of all class VIII core 1 students consisting of 25 students. The research instrument consists of 3 questions. Hypothesis testing was carried out using the paired T test. Based on the research results, it was found that the application of RME can improve the creative thinking abilities of class VIII students at SMP Negeri 1 Kutacane.
KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (T MUHAMMAD MIRSHADIL ULYA, 2022)
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (AYU RAHMAH SINAGA, 2023)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MINAT SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP (Bahagia, 2022)
KARAKTER DEMOKRATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI MTS (Rike Arami Rezeki, 2023)
KARAKTER DEMOKRATIS SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SEGITIGA KELAS VIII 6 SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Nurul Hidayati, 2023)