KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE


Pengarang

HINDUN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200050032

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1
GEUMPANG KABUPATEN PIDIE

Oleh: Hindun
NIM: 1209200050032

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK

Kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan untuk mengembangkan segala sumber daya yang ada pada suatu sekolah sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam penerpanan manajemen berbasis sekolah, meliputi: (1) Program kepala sekolah; (2) Strategi kepala sekolah; dan (3) Hambatan kepala sekolah. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas, dan guru pada SMA Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Hasil penelitian ditemukan: (1) Program kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah yaitu kurikulum dan pengajaran, tenaga pendidikan, kesiswaan, sarana dan prasarana pendidikan, pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat, serta pelayanan khusus lembaga pendidikan; (2) Strategi kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah yaitu mengelola sumber daya, sumber dana, dan sumber belajar serta mengalokasikannya untuk meningkatkan efesiensi, mutu dan pemerataan pendidikan melalui sosialisasi kepada setiap unsur sekolah; dan (3) Hambatan kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah, meliputi: Perbedaan pengetahuan dan wawasan guru, Sulit mengatur jumlah jam dalam kurikulum muatan lokal dan pengembangan diri, dan Kurang pedulinya orang tua siswa terhadap keberlangsungan mutu pendidikan. Diharapkan kepada pengawas dan kepala sekolah agar dapat memberikan bimbingan dan dorongan dalam penerapan manajemen berbasis sekolah tentang program kepala sekolah, strategi kepala sekolah dan hambatan yang dihadapinya secara efektif dan efesien untuk meningkatkan kinerja sekolah.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK