Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE
Pengarang
HINDUN - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200050032
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1
GEUMPANG KABUPATEN PIDIE
Oleh: Hindun
NIM: 1209200050032
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan untuk mengembangkan segala sumber daya yang ada pada suatu sekolah sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam penerpanan manajemen berbasis sekolah, meliputi: (1) Program kepala sekolah; (2) Strategi kepala sekolah; dan (3) Hambatan kepala sekolah. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas, dan guru pada SMA Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Hasil penelitian ditemukan: (1) Program kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah yaitu kurikulum dan pengajaran, tenaga pendidikan, kesiswaan, sarana dan prasarana pendidikan, pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat, serta pelayanan khusus lembaga pendidikan; (2) Strategi kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah yaitu mengelola sumber daya, sumber dana, dan sumber belajar serta mengalokasikannya untuk meningkatkan efesiensi, mutu dan pemerataan pendidikan melalui sosialisasi kepada setiap unsur sekolah; dan (3) Hambatan kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah, meliputi: Perbedaan pengetahuan dan wawasan guru, Sulit mengatur jumlah jam dalam kurikulum muatan lokal dan pengembangan diri, dan Kurang pedulinya orang tua siswa terhadap keberlangsungan mutu pendidikan. Diharapkan kepada pengawas dan kepala sekolah agar dapat memberikan bimbingan dan dorongan dalam penerapan manajemen berbasis sekolah tentang program kepala sekolah, strategi kepala sekolah dan hambatan yang dihadapinya secara efektif dan efesien untuk meningkatkan kinerja sekolah.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah.
Tidak Tersedia Deskripsi
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SD NEGERI 2 GUNUNG SAMARINDA KABUPATEN ABDYA. (Dewi Julita, 2014)
EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI SIGLI KABUPATEN PIDIE (M. Isa, 2025)
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (HAMIDAH, 2018)
KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 AL MUBARKEYA DAN SMK NEGERI 1 DARUL KAMAL ACEH BESAR (SUCI FAJAR RIZKY, 2019)
PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 62 KOTA BANDA ACEH (IHSAN, 2015)