Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA
Pengarang
Cut Eka Para Samya - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Muhibbuddin - 196305141989031002 - Dosen Pembimbing I
Suhrawardi Ilyas - 197107061994121001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1709200170012
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Fisika., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah merupakan suatu kemampuan penting yang harus dikuasai dan dimiliki siswa dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu mereka sudah dapat memahami sains tetapi belum dapat memberikan kesimpulan secara logis dan sistematis. Hal tersebut menunjukkan rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya perubahan dalam proses penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah pembelajaran melalui penerapan model predict observe explain berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest posttest control group desain. Parameter yang diukur adalah keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes objektif dengan lima alternatif jawaban. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi selama proses pembelajaran. Analisis keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan membandingkan kemampuan awal dengan kemampuan akhir siswa dan diuji signifikansi dengan uji beda dua rata-rata menggunakan independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kemampuan awal keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan kemampuan akhir menunjukkan hasil yang berbeda signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran predict observe explain memberi konstribusi terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa.
Kata Kunci: predict observe explain, berpikir kritis, sikap ilmiah.
Critical thinking skills and scientific behaviors are important abilities that must be mastered and possessed by students in solving problems. The problem which frequently faced by students is they have been able to comprehend the science but have not been able to provide conclusions logically and systematically. The phenomenon shows the low critical thinking skills and scientific behaviors of students. To overcome these problems, a changeis needed in the process of delivering learning material to students. This research aims to answer the question of whether learning through the implementation of the predict observe explain model has an effect on improving student critical thinking skills and scientific behaviors. The method used in this research is an experimental design pretest posttest control group. The parameters measured were critical thinking skills and scientific behaviors. The instruments used were the observation sheet and objective tests with five alternative answers. Data collection is done through pretest, posttest and observation during the learning process. Analysis of critical thinking skills was done by comparing the initial ability with the final ability of students and tested the significance of the two different tests on average using independent simple t-test. The results of the study indicated that the initial ability of thinking skills between the experimental and control classes did not have a significant difference, while the final ability showed significantly different results. Based on these results, it can be concluded that the implementation of the predict observe explain model contribute in student critical thinking skills and scientific attitudes. Keywords: predict observe explain, critical thinking, scientific behavior.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DALAM KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH. (Syarifah Erni Junita, 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAINT (POE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Rida Royani, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE DIPADU MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Liza Utami, 2021)
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 PEULIMBANG (Zulhamdi, 2022)
PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014)