PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA


Pengarang

Cut Eka Para Samya - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhibbuddin - 196305141989031002 - Dosen Pembimbing I
Suhrawardi Ilyas - 197107061994121001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200170012

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Fisika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah merupakan suatu kemampuan penting yang harus dikuasai dan dimiliki siswa dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu mereka sudah dapat memahami sains tetapi belum dapat memberikan kesimpulan secara logis dan sistematis. Hal tersebut menunjukkan rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya perubahan dalam proses penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah pembelajaran melalui penerapan model predict observe explain berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest posttest control group desain. Parameter yang diukur adalah keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes objektif dengan lima alternatif jawaban. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi selama proses pembelajaran. Analisis keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan membandingkan kemampuan awal dengan kemampuan akhir siswa dan diuji signifikansi dengan uji beda dua rata-rata menggunakan independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kemampuan awal keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan kemampuan akhir menunjukkan hasil yang berbeda signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran predict observe explain memberi konstribusi terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa.
Kata Kunci: predict observe explain, berpikir kritis, sikap ilmiah.

Critical thinking skills and scientific behaviors are important abilities that must be mastered and possessed by students in solving problems. The problem which frequently faced by students is they have been able to comprehend the science but have not been able to provide conclusions logically and systematically. The phenomenon shows the low critical thinking skills and scientific behaviors of students. To overcome these problems, a changeis needed in the process of delivering learning material to students. This research aims to answer the question of whether learning through the implementation of the predict observe explain model has an effect on improving student critical thinking skills and scientific behaviors. The method used in this research is an experimental design pretest posttest control group. The parameters measured were critical thinking skills and scientific behaviors. The instruments used were the observation sheet and objective tests with five alternative answers. Data collection is done through pretest, posttest and observation during the learning process. Analysis of critical thinking skills was done by comparing the initial ability with the final ability of students and tested the significance of the two different tests on average using independent simple t-test. The results of the study indicated that the initial ability of thinking skills between the experimental and control classes did not have a significant difference, while the final ability showed significantly different results. Based on these results, it can be concluded that the implementation of the predict observe explain model contribute in student critical thinking skills and scientific attitudes. Keywords: predict observe explain, critical thinking, scientific behavior.

Citation



    SERVICES DESK