GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang
Dosen Pembimbing

Ardia Putra - 198210172006041004 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1712101010130

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.712

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTRIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET
DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
Tanggal 28 Februari 2024
XII+ VI BAB + 51 Halaman + 9 Tabel + 8 Lampiran
SILVENTUS HENDRIKUS KARUBUI
1712101010130
GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS
KESEHATAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA
ABSTRAK
Rendahnya motivasi belajar mahasiswa seringkali diduga menjadi penyebab rendahnya
kuliatas kelulusan dalam suatu perguruan tinggi, untuk itu motivasi belajar mahasiswa
menjadi perhatian khusus bagi perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan desain cross
sectinal studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi belajar mahasiswa
fakultas kesehatan di Universitas Syiah Kuala. Populasi dalam penelitian ini adalh
mahasiswa yang berkuliah di jurusan kesehatan diantaranya ilmu keperawatan, ilmu
psikologi, Ilmu Pendidikan kedokteran dan ilmu pendidikan kedokteran gigi.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling dan didapatkan jumlah
sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden yang terdiri dari 38 mahasiswa
program studi Ilmu Keperawatan, 56 mahasiswa program studi ilmu pendidikan
kedokteran, 26 mahasiswa program studi ilmu psikologi, dan 20 mahasiswa program
studi ilmu kedokteran gigi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 109
mahasiswa (77,9%) memiliki motivasi belajar dengan kategori sedang, sebanyak 140
(100%) mahasiswa memiliki motivasi intrinsik dengan kategori sedang dan sebanyak 86
(61,4%) mahasiswa memiliki motivasi ekstrinsik dengan kategori sedang. Peneliti
merekomendasikan untuk dilakukan penelitian lanjutan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkat motivasi belajar mahasiswa pada fakultas kesehatan di Universitas
Syiah Kuala. Penelitian ini bermanfaat sebagai sumber masukan untuk strategi dalam
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar
mahasiswa.
Kata Kunci : Motivasi belajar, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik.
Daftar Bacaan : (2019-2022)

MININSTRY OF EDUCATION, CULTURE, RESEARCH AND TECHNOLOGY UNIVERSITAS SYIAH KUALA FACULTY OF NURSING UNDERGRADUATE THESIS Februari 28 th , 2024 XII + VIChapters + 51 pages + 9 Table + 8 Appendices SILVENTUS HENDRIKUS KARUBUI 1712101010024 THE DESCRIPTION OF LEARNING MOTIVATION IN HEALTH FACULTY STUDENTS AT UNIVERSITAS SYIAH KUALA ABSTRACT Low student learning motivation is often thought to be the cause of low graduation quality in a tertiary institution, for this reason student learning motivation is a special concern for tertiary institutions. This research uses a crosssectional study design. This research aims to identify the learning motivation of health faculty students at Syiah Kuala University. The population in this study were students studying health majors including nursing, psychology, medical education and dental education. Sampling was carried out using a quota sampling technique and the number of samples in this study was 140 respondents consisting of 38 students in the Nursing Science study program, 56 students in the medical education study program, 26 students in the psychology study program, and 20 students in the dental science study program. . The research results showed that as many as 109 students (77.9%) had learning motivation in the medium category, as many as 140 (100%) students had intrinsic motivation in the medium category and as many as 86 (61.4%) students had extrinsic motivation in the medium category. Researchers recommend that further research be carried out on the factors that influence the level of student learning motivation at the health faculty at Syiah Kuala University. This research is useful as a source of input for strategies to increase student learning motivation so that it can improve student learning achievement. Keywords: Learning motivation, Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation. Reading List: (2019-2022)

Citation



    SERVICES DESK