Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERILAKU SOSIAL DAN TINDAKAN SOSIAL REMAJA AKHIR AKIBAT PENGGUNAAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI KECAMATAN ULEE KARENG
Pengarang
DENDY AKMAL ALKARAMI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Hamdani M. Syam - 197808162008011012 - Dosen Pembimbing I
Maini Sartika - 198005012017012101 - Dosen Pembimbing II
Nadia Muharman - 198410082014012101 - Penguji
Uswatun Nisa - 199107202022032012 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1810102010052
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Game online merupakan suatu permainan yang menggunakan media elektronik atau
perangkat dengan menggunakan jaringan internet untuk memainkan permainan tersebut.
Remaja yang bermain game online memiliki motif dan tujuan untuk mencari kesenangan
dan hiburan. Mereka terhubung dengan banyak orang melalui jaringan internet dalam
permainan tersebut. Tingginya intensitas dalam bermain game online membuat beberapa
perubahan perilaku sosial remaja sehingga memberi dampak buruk bagi para remaja.
Dalam penelitian ini teori tindakan sosial Max Weber digunakan untuk memahami
perilaku sosial remaja yang bermain game online dan dampaknya. Teori Weber memiliki
fokus pada motif dan tujuan pelaku, sehingga dapat membantu dalam memahami alasanalasan
yang
melatarbelakangi
perilaku
tersebut.
Penelitian
ini
dilakukan
dengan
tujuan
mengetahui
dampak
penggunaan
dari
game
online
Mobile
Legends
pada
perilaku
sosial
dan
Tindakan sosial remaja akhir di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh.
Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan
data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 7
orang remaja yang berdomisili di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh yang berusia
18-21 tahun. Berdasarkan hasil penelitian mengenai dampak penggunaan game online
Mobile Legends pada perilaku sosial dan Tindakan sosial remaja akhir di Kecamatan Ulee
Kareng, Kota Banda Aceh, ditemukan bahwa penggunaan game tersebut memiliki
dampak negatif. Remaja cenderung mengalami perubahan perilaku sosial, kurang
memperhatikan etika dan moral dalam interaksi sosial dengan teman sebaya, mudah
terpancing emosi, mengalami perubahan respons emosional, serta terlibat dalam kegiatan
sosial tradisional yang lebih sedikit. Selain itu, terdapat kecenderungan kecanduan game
Mobile Legends yang mengakibatkan remaja terlibat lebih dalam dalam dunia game
daripada komunitas di luar game, mempengaruhi lingkungan sosial, mengurangi
kemampuan membangun hubungan sosial yang sehat, dan mempengaruhi keterampilan
komunikasi. Hal ini juga berimplikasi pada penurunan kualitas tidur, kinerja akademik,
isolasi sosial, dan kesehatan secara keseluruhan.
Kata Kunci: Dampak, Game online Mobile Legends, Perilaku Sosial, Remaja Akhir
ABSTRACT Online games are games that use electronic media or devices that use the internet network to play the game. Teenagers who play online games have the motive and goal of seeking fun and entertainment. They are connected to many people via the internet network in the game. The high intensity of playing online games causes several changes in teenagers' social behavior, which has a negative impact on teenagers. In this research, Max Weber's social action theory is used to understand the social behavior of teenagers who play online games and its impact. Weber's theory focuses on the motives and goals of the perpetrator, so it can help in understanding the reasons behind this behavior. This research was conducted with the aim of finding out the impact of using the online game Mobile Legends on the social behavior and social actions of late adolescents in Ulee Kareng District, Banda Aceh City. The research was conducted using qualitative research methods using interview, observation and documentation data collection techniques. The informants in this study were 7 teenagers who lived in Ulee Kareng District, Banda Aceh City, aged 18-21 years. Based on the results of research regarding the impact of using the online game Mobile Legends on the social behavior and social actions of late adolescents in Ulee Kareng District, Banda Aceh City, it was found that the use of this game has a negative impact. Adolescents tend to experience changes in social behavior, pay less attention to ethics and morals in social interactions with peers, are easily provoked by emotions, experience changes in emotional responses, and are involved in fewer traditional social activities. In addition, there is a tendency for addiction to the Mobile Legends game which results in teenagers being more involved in the gaming world than in communities outside the game, affecting the social environment, reducing the ability to build healthy social relationships, and affecting communication skills. This also has implications for decreased sleep quality, academic performance, social isolation, and overall health. Keywords: Impact, Mobile Legends online game, Social Behavior, Late Adolescence
PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (STUDI PADA PECANDU GAME ONLINE DI KEDAI KOPI BANDA ACEH) (MUHAMMAD AZIS BINTANG, 2024)
MOBILE LEGENDS DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU REMAJA KAMPUNG JAWA LAMA KOTA LHOKSEUMAWE (MUHAMMAD AZIZI, 2023)
HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN IDENTITAS DIRI, INTERAKSI SOSIAL DAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Rahmat Muhazir, 2023)
PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI LAMNO (Erna Shafera, 2024)
PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE PUBG MOBILE RN(STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP USK) (Temas Miko, 2021)