Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
APLIKASI METODE HUNGARIAN UNTUK JADWAL MATA KULIAH DI DEPARTEMEN MATEMATIKA FMIPA USKRN(STUDI KASUS JADWAL MATA KULIAH SEMESTER GENAP 2023-2024)
Pengarang
INTAN SARI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Intan Syahrini - 196409081991022001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1908101010066
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas MIPA (S1)., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
519.5
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penjadwalan mata kuliah merupakan permasalahan yang kompleks. Secara umum penjadwalan mata kuliah adalah masalah optimasi pengaturan waktu dan ruang yang seringkali terbatas secara bersamaan. Setiap Univesitas memiliki masalah penjadwalan mata kuliah yang berbeda-beda dan menghasilkan solusi yang berbeda pula. Hal tersebut dilatar belakangi oleh berbedanya batasan-batasan yang dipakai dan tujuan yang ingin diperoleh. Terdapat berbagai kendala, seperti mata kuliah, jumlah mahasiswa, ruang, hari dan waktu yang tersedia juga menjadi permasalahan yang ada dalam proses penjadwalan mata kuliah. Penyelesaian masalah penjadwalan mata kuliah dapat dilakukan dengan menggunakan metode Hungarian. Metode Hungarian merupakan salah satu pendekatan yang diterapkan dalam menangani masalah penugasan, termasuk dalam konteks penjadwalan mata kuliah. Metode Hungarian merupakan metode yang memodifikasi (pengurangan dan penambahan) pada baris dan kolom dalam matriks. Kelebihan metode ini dibandingkan dengan metode lainnya adalah pada segi proses iterasinya yang lebih efisien. Sehingga menjadikan metode ini sering digunakan untuk menyelesaikan masalah penugasan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan mata kuliah pada semester genap 2023-2024 di Departemen Matematika FMIPA USK, dengan tujuan memaksimalkan penggunaan ruang kelas/jam/hari. Dari hasil penelitian, diperoleh jadwal mata kuliah optimal dengan nilai fungsi tujuan sebesar 8,58. Hal ini menunjukkan bahwa metode Hungarian memiliki kemampuan untuk menciptakan penjadwalan yang efisien, memastikan setiap mata kuliah ditempatkan pada kelas/jam/hari yang optimal tanpa adanya bentrok. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman dan peningkatan efisiensi penjadwalan mata kuliah.
Kata Kunci: Metode Hungarian, Masalah Penugasan, Penjadwalan Mata Kuliah
Scheduling courses is a complex problem. Generally, course scheduling is an optimization issue involving the arrangement of time and space, often simultaneously limited. Each university faces different course scheduling problems, resulting in different solutions. This is due to varying constraints and desired objectives. Various constraints, such as courses, the number of students, classrooms, days, and available time, also pose challenges in the course scheduling process. The scheduling problem can be addressed using the Hungarian method. The Hungarian method is one approach applied to handle assignment problems, including in the context of course scheduling. The Hungarian method involves modifying (subtracting and adding) rows and columns in a matrix. Its advantage over other methods lies in its more efficient iteration process, making it frequently used for solving assignment problems. This research aims to solve the course scheduling problem for the spring semester of 2023-2024 in the Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of North Sumatra (FMIPA USK), with the objective of maximizing the utilization of classroom/time/day. From the research results, an optimal course schedule was obtained with an objective function value of 8.58. This indicates that the Hungarian method has the ability to create efficient scheduling, ensuring that each course is placed in an optimal classroom/time/day without conflicts. This research significantly contributes to understanding and improving the efficiency of course scheduling. Keywords: Hungarian Method, Assignment Problems, Course Scheduling.
APLIKASI METODE HUNGARIAN UNTUK JADWAL MATA KULIAH DI DEPARTEMEN MATEMATIKA FMIPA USKRN(STUDI KASUS JADWAL MATA KULIAH SEMESTER GENAP 2023-2024) (INTAN SARI, 2024)
PENERAPAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENGOPTIMALKAN PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN SECARA OTOMATIS (STUDI KASUS JURUSAN INFORMATIKA UNSYIAH) (Widya Alief, 2016)
KAJIAN PENJADWALAN PERKULIAHAN SISTEM POST-ENROLLMENT DALAM IMPLEMENTASI ALGORITMA INTEGER PROGRAMMING 0 DAN 1 (STUDI KASUS PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNSYIAH) (REZA AULIA, 2018)
PENGARUH NILAI MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK) DAN MATA KULIAH PROSES BELAJAR MENGAJAR (MKPBM) TERHADAP NILAI PPL MAHASISWA PKK SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2006/2007 (Hurul Aini, 2021)
PENGARUH MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA TERHADAP MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO PADA MAHASISWA FISIKA SEMESTER GENAP 2016/2017 FKIP UNSYIAH (M. Iqbal Sugita, 2017)