Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD (CORD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS X IPS MAN 2 BIREUEN
Pengarang
Faudhan Adhima - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Zulfan - 196107081989101001 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Haikal - 198808302017031101 - Dosen Pembimbing I
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
T. Bahagia Kesuma - 198906262019031014 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806101020015
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Sejarah., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Faudhan Adhima (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Couple Card (CORD) Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas X IPS MAN 2 Bireuen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model scramble berbantuan media couple card pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS MAN 2 Bireuen dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X IPS MAN 2 Bireuen dengan penerapan model pembelajaran Scramble berbantuan media Couple card (CORD) pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 2 Bireuen yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) hasil dari pengamatan kegiatan guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sebesar 95,5% dengan kategori sangat baik. (2) Motivasi siswa terhadap model scramble berbantuan media couple card dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS MAN 2 Bireuen yaitu 44,75% menjawab sangat setuju, 22,5% menjawab setuju, 13,25% menjawab tidak setuju, dan 19,5% menjawab sangat tidak setuju dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses penerapan model scramble berbantuan media couple card dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Scramble, Couple card (CORD)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 MAN ACEH SINGKIL (Aidil Fitriadi, 2022)
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 3 BIREUEN (FAJAR RAMADHANA, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA PAPAN LABIRIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmatillah, 2022)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Aura zahira, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE BERBANTUAN MEDIA POSTER RNDALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PEMBELAJARAN SEJARAHRNDI MAN 6 ACEH BESAR (Sari Pitri Yani, 2022)