Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEMASARAN PRODUK UMKM BITATA FOOD
Pengarang
Ghaitsa Al-Zahira Zulvita - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Hamdani M. Syam - 197808162008011012 - Dosen Pembimbing I
Maini Sartika - 198005012017012101 - Dosen Pembimbing II
Rahmat Saleh - 198009142010121001 - Penguji
Novi Susilawati - 198911162019032018 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2010102010046
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
381.142
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Internet menjadi sarana komunikasi paling populer yang membawa revolusi dalam
kemajuan integrated marketing communication salah satunya ialah pada
pemanfaatan media sosial Instagram. Implikasi tersebut diadopsi oleh Bitata Food
ialah UMKM di Kota Banda Aceh yang sudah melek digital. Berdasarkan hasil
observasi dan wawancara awal yang dilakukan, diketahui bahwa produktivitas
pemasaran di Instagram selama periode Juni-Agustus 2023 (90 hari) mengalami
penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisis
pemanfaatan media sosial instagram dalam meningkatkan produktivitas pemasaran
produk UMKM Bitata Food yang dikaji melalui konsep The Circular Model of
Some oleh Regina Luttell (2019). Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif
secara studi kasus tunggal (instrumental) dengan teknik purposive sampling melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model
holistik oleh Robert K. Yin (2011). Hasil penelitian yaitu Bitata Food
memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital dalam
brand awareness dan brand trust kepada publik melalui fitur Instagram yaitu profil
dan bio, story, stories highlight, feeds, reels, direct message, hashtag, kolaborasi,
dan live streaming. Dengan demikian Bitata Food terpenuhi mengimplementasikan
konsep The Circular Model of Some dalam perencanaan komunikasi pemasaran di
Instagram @bitatafoodindonesia. Namun, selama 90 hari (Periode SeptemberNovember
2023) produktivitas pemasaran Bitata Food tidak mengalami
peningkatan karena engagement rate Bitata Food berada pada angka 1,53%.
Sehingga diketahui produktivitas pemasaran Bitata Food selama 180 hari (Periode
Juni-November 2023) ialah menurun. Sekiranya penelitian ini dapat membantu
memberikan gambaran terkait pemanfaatan media sosial Instagram dalam
meningkatkan produktivitas pemasaran dengan menerapkan konsep The Circular
Model of Some.
Kata Kunci: Instagram, Bitata Food, Produktivitas Pemasaran, The Circular
Model of Some, Komunikasi Pemasaran Digital
ABSTRACT This research discusses how the internet is the most popular means of communication that brings a revolution in the progress of integrated marketing communication, one of which is the use of Instagram. The implication adopted by Bitata Food is that MSMEs in Banda Aceh are already digitally literate. Based on the results of observations and initial interviews conducted, it is known that marketing productivity on Instagram during the June-August 2023 period (90 days) has decreased. This study aims to describe and analyze the use of Instagram social media in increasing the marketing productivity of Bitata Food UMKM products studied through the concept of The Circular Model of Some by Regina Luttell (2019). The research method used is qualitative single case study (instrumental) with purposive sampling technique through interviews, observation, and documentation. Researchers used holistic model data analysis by Robert K. Yin (2011). The results of the study are Bitata Food utilizes Instagram as a digital marketing communication media in brand awareness and brand trust to the public through Instagram features, namely profile and bio, stories, stories highlights, feeds, reels, direct messages, hashtags, collaboration, and live streaming. Thus, Bitata Food has fulfilled the concept of The Circular Model of Some in marketing communication planning on Instagram @bitatafoodindonesia. However, during 90 days (September-November 2023 period) Bitata Food's marketing productivity did not increase because Bitata Food's engagement rate was at 1.53%. So it is known that Bitata Food's marketing productivity for 180 days (June-November 2023 Period) is decreasing. This research can help provide an overview of the utilization of Instagram social media in increasing marketing productivity by applying the concept of The Circular Model of Some. Keywords: Instagram, Bitata Food, Marketing Productivity, The Circular Model of Some, Digital Marketing
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BITATA FOOD DI KOTA BANDA ACEH (HAWAIZA QANITA PERMANA, 2023)
PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN ONLINE SHOP DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI INSTAGRAM @DIGAHOUSE.ID (NIATUL KHAIRI, 2021)
ANALISIS DAN PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK BITATA FOOD MENUJU EKSPOR DENGAN METODE SWOT (M. Ihza Maulana, 2024)
PENGGUNAAN HASHTAG SEBAGAI VARIAN PROMOSI PRODUK PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (DARNIZA AFRIANI, 2018)
STRATEGI DAN BAURAN PEMASARAN PADA USAHA MANDIRI PRODUK PREMIUM LAVENTEA DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Ikhsan, 2023)