PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA MTS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA MTS


Pengarang

Nanda Maisari - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing I
Elizar - 198511192019032011 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2106203020008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Magister Matematika., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nanda Maisari (2024). Penerapan Model Discovery Learning dengan Konteks Global
Warming untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Self Confidence pada Siswa
MTS
Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan menyatakan kembali
konsep matematika dengan bahasa sendiri, mengklasifikasikan objek-objek matematika,
menerapkan konsep secara algoritma, menginterpretasikan gagasan atau konsep,
mengaitkan berbagai konsep matematika. Siswa yang memiliki sifat tingkat selfconfidence tinggi akan mampu mengeluarkan ide atau gagasannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa
yang diajarkan melalui model discovery learning dengan konteks global warming; (2)
interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan
kemampuan pemahaman matematis siswa; (3) peningkatan self-confidence siswa yang
diajarkan melalui model discovery learningdengan konteks global warming; (4) interaksi
antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan self-confidence
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pretest-postest
control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTSs
Jeumala Amal. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling terpilih
60 orang siswa dengan kelas VIII 1 kelas eksperimen, kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan angket self-confidence.
Analisis data menggunakan uji ANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat
peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran
melalui penerapan model discovery learning dengan konteks global warming; (2) tidak
terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan
kemampuan pemahaman matematis siswa; (3) terdapat peningkatan self-confidence siswa
yang memperoleh pembelajaran melalui penerapan model discovery learning dengan
konteks global warming; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan
level siswa terhadap self-confidence siswa.
Kata Kunci: model discovery learning, kemampuan pemahaman matematis, global
warming, self-confidence

ABSTRACT Nanda Maisari (2024). Application of the Discovery Learning Model to a Global Context Warming to Improve Mathematical Understanding and Self Confidence in Students MTS The ability to understand mathematics is the ability to restate mathematical concepts in their own language, classifying mathematical objects, apply concepts algorithmically, interpret ideas or concepts, relate various mathematical concepts. Students who have a high level of self-confidence will be able to express their ideas. This research aims to find out: (1) increasing students' mathematical understanding abilities taught through a discovery learning model with the context of global warming; (2) interaction between the learning model and student level towards improvement students' mathematical understanding abilities; (3) increasing students' self-confidence taught through a discovery learning model with the context of global warming; (4) interaction between the learning model and the student's level of increasing self-confidence student. This research is a quantitative research with a pretest-posttest design control group. The population in this study were all class VIII MTSs students Jeumala Amal. The sample selection used a simple random sampling technique 60 students in class VIII 1 as experimental class, class VIII 2 as control class. Data collection techniques use test instruments and self-confidence questionnaires. Data analysis used the ANOVA test. The results of the analysis show that: (1) there are increasing the mathematical understanding ability of students who receive learning through the application of discovery learning models with the context of global warming; (2) no there is an interaction between the learning model and the student's level of improvement students' mathematical understanding abilities; (3) there is an increase in student self-confidence who obtain learning through the application of the discovery learning model with global warming context; (4) there is no interaction between the learning model and student level of student self-confidence. Keywords: discovery learning model, mathematical understanding ability, global warming, self-confidence

Citation



    SERVICES DESK