MENGUKUR TINGKAT ELEKTABILITAS PASANGAN CALON PRESIDEN 2024 MELALUI TRENDING HASHTAGS MEDIA SOSIAL DENGAN METODE MARKOV CHAIN ANALYSIS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MENGUKUR TINGKAT ELEKTABILITAS PASANGAN CALON PRESIDEN 2024 MELALUI TRENDING HASHTAGS MEDIA SOSIAL DENGAN METODE MARKOV CHAIN ANALYSIS


Pengarang

FATHIN NAFISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Samsul Anwar - 198509062010031003 - Dosen Pembimbing I
Novi Reandy Sasmita - 198906072022031007 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2008108010047

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA Statistika., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

001.422

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Menjelang pemilihan umum (pemilu), penilaian terhadap elektabilitas memiliki sejumlah aspek penting terkhusus dalam pemilihan presiden dan wakil presiden yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Banyak lembaga survei yang telah mengukur tingkat elektabilitas presiden, namun hasil survei tersebut memiliki rentang atau lag waktu antara pelaksanaan survei dan hari pemilihan. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat elektabilitas ketiga pasangan calon (paslon) yaitu Paslon 01 Anies Rasyid Baswedan - Muhaimin Iskandar, Paslon 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabumi Raka dan Paslon 03 Ganjar Pranowo - Mahfud MD, berdasarkan jumlah penyebutan trending hashtag media sosial pada hari pemungutan suara menggunakan metode Markov Chain Analysis. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan lainnya yaitu mengetahui hubungan komentar negatif, terhadap kenaikan suara pada paslon lain. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website http://brand24.com yang terdiri dari beberapa media sosial yaitu: facebook, instagram, twitter, tiktok, blog, news, dan web. Data yang dikumpulkan dari tanggal 19 Oktober 2023 hingga 31 Desember 2023. Pada penelitian ini digunakan tiga hashtag yang dapat mewakili ketiga pasangan calon yaitu #aniesmuhaimin2024 untuk paslon 01, #prabowogibran untuk paslon 02, dan #ganjarmahfud untuk paslon 03. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada pilpres putaran pertama peluang jumlah penyebutan #aniesmuhaimin2024 dominan pada hari pemilihan presiden 14 Februari 2024 di media sosial adalah sebesar 0,22002, #prabowogibran dominan adalah sebesar 0,42646, dan #ganjarmahfud dominan adalah 0,35351. Sehingga diperkirakan paslon nomor urut 02 memiliki kemungkinan lebih besar untuk memperoleh lebih banyak dukungan suara dibandingkan paslon nomor urut 01 dan 03 di media sosial berdasarkan trending hashtags. Apabila dilakukan pilpres putaran dididapati hasil bahwa paslon selain 02 berpeluang memperoleh elektabilitas lebih tinggi dari pasangan nomor urut 02 di media sosial, dengan asumsi dukungan paslon 01 dan 03 bergabung pada pemilu putaran kedua ini. Berdasarkan hasil dari analisis korelasi dapat diketahui bahwa tidak semua konten negatif di media sosial berpengaruh signifikan terhadap kenaikan suara pasangan calon lawan. Namun, sejumlah besar kasus menunjukkan adanya hubungan dengan efek yang paling kuat terjadi satu hingga dua hari setelah konten negatif diunggah.

Ahead of the general election, the assessment of electability has a number of important aspects, especially in the election of the president and vice president, which in the next period will be held on February 14, 2024. Many survey institutions have measured the level of electability of the president, but the survey results have a time lag between the survey and election day. So this research was conducted with the aim of knowing the level of electability of the three candidate pairs (paslon), namely Paslon 01 Anies-Muhaimin, Paslon 02 Prabowo-Gibran and Paslon 03 Ganjar-Mahfud, based on the number of mentions of trending social media hashtags on voting day using the Markov Chain Analysis method. In addition, this study also has another objective, namely to determine the relationship between negative comments and the increase in votes for other candidates. The data used in this research is secondary data obtained from the website http://brand24.com which consists of several social media, namely: Facebook, Instagram, Twitter, tiktok, blogs, news, and web. The data collected from October 19, 2023 to December 31, 2023. In this study, three hashtags are used that can represent the three candidate pairs, namely #aniesmuhaimin2024 for candidate number 01, #prabowogibran for candidate number 02, and #ganjarmahfud for candidate number 03. The results obtained in this study are that in the first round of presidential elections, the probability of the number of mentions of #aniesmuhaimin2024 dominant on the day of the February 14, 2024 presidential election is 0.22002, #prabowogibran dominant is 0.42646, and #ganjarmahfud dominant is 0.35351. Therefore, it is estimated that candidate number 02 has a high probability of gaining more votes than candidate number 01 and 03. So it is estimated that candidate number 02 has a greater possibility of obtaining more vote support than candidate numbers 01 and 03. In the second round of presidential elections, the results show that candidate 03, namely Ganjar-Mahfud, has the opportunity to obtain higher electability than candidate number 02, assuming that the support of candidates 01 and 03 joins in this second round of elections. Based on the results of the correlation analysis, it can be seen that not all negative content on social media has a significant effect on the increase in votes for the opposing candidate pair. However, a large number of cases show a relationship on certain days, depending on the context and timing of the post.

Citation



    SERVICES DESK