HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 4 TAKENGON | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 4 TAKENGON


Pengarang

Riskiara Afifah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103020005

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Matematika dianggap salah satu materi yang sulit. Salah satu materi yang dianggap sulit yaitu bentuk aljabar, pada materi bentuk aljabar hasil belajar siswa masih tergolong rendah ini disebabkan karena pemahaman konsep dasar yang rendah, kurangnya minat belajar, dan ketidaktelitian dalam mengerjakan soal. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran mind mapping lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True-Experimental Design dengan desain post-test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Takengon. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dan diperoleh VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-3 sebagai kelas kontrol. Sebelumnya kedua kelas tersebut sudah diberikan tes awal untuk melihat kemampuan kedua kelas tersebut adalah homogen. Instrumen yang digunakan berupa soal tes hasil belajar. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t satu pihak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar melalui penerapan model pembelajaran mind mapping lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Takengon.

Mathematics is considered a difficult subject. One of the materials that is considered difficult is algebra. In the algebra form, student learning outcomes are still relatively low, this is due to low understanding of basic concepts, lack of interest in learning, and inaccuracy in working on questions. Therefore, there needs to be improvements in the learning process, one of which is by implementing learning modelsmind mapping. The purpose of this research is to determine student learning outcomes in algebra material taught through the application of learning modelsmind mapping better than students taught with conventional learning at SMP Negeri 4 Takengon. This research uses a quantitative approach to this type of research True-Experimental Design by design post-test only control group design. This research was carried out at SMP Negeri 4 Takengon. The sample in this study was carried out randomly and obtained VII-2 as the experimental class and VII-3 as the control class. Previously, the two classes had been given an initial test to see that the abilities of the two classes were homogeneous. The instrument used is a test of learning outcomes. The data in this study were analyzed using one-party t-test statistics. The results of this research show that student learning outcomes in algebra form material through the application of learning models mind mapping better than the conventional learning model at SMP Negeri 4 Takengon.

Citation



    SERVICES DESK