Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
TANGGUNG JAWAB KETERLAMBATAN DALAM KEBERANGKATAN BUS PMTOH TERHADAP PENUMPANG (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH TERMINAL BATOH TIPE A KOTA BANDA ACEH)
Pengarang
NOVALRI ALFA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Eka Kurniasari - 197105152003122002 - Dosen Pembimbing I
Susiana - 198101282006042002 - Penguji
Mirja Fauzul Hamdi - 198802012015041004 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1803101010197
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pasal 188 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULAJ), menyebutkan bahwa perusahaan angkutan umum wajib mengganti kerugian yang diderita oleh penumpang atau pengirim barang karena lalai dalam melaksanakan pelayanan angkutan. Hal ini juga dipertegas pengaturan dalam Pasal 19 Undang- Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Meskipun UULAJ dan UUPK sudah mengatur tentang tanggung jawab perusahaan pengangkutan atas kerugian yang diderita oleh penumpang, namun pada pelaksanaannya BUS PMTOH masih terjadi keterlambatan dalam keberangkatan, dan penumpang tidak mendapatkan ganti kerugian.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bentuk tanggung jawab perusahaan angkutan darat PT. PMTOH terhadap kerugian yang dialami oleh penumpang, faktor penyebab keterlambatan dalam keberangkatan perusahaan angkutan darat PT. PMTOH, dan upaya penumpang terhadap tidak adanya ganti kerugian yang diakibatkan oleh keterlambatan dalam keberangkatan perusahaan angkutan darat PT. PMTOH.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah yuridis empiris. Metode yuridis empiris adalah penelitian hukum yang menggunakan data yang didapatkan dalam penelitian lapangan berupa hasil wawancara dengan responden serta informan dan memadukan bahan-bahan hukum seperti buku teks, teori, dan peraturan perundang-undangan.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan angkutan darat PT. PMTOH terhadap kerugian yang dialami oleh penumpang hanya sebatas melakukan permintaan maaf kepada penumpang dan memohon untuk tetap bersabar. Adapun faktor penyebab keterlambatan dalam keberangkatan perusahaan angkutan darat PT. PMTOH, yaitu: menunggu penumpang tiba di terminal, jumlah penumpang tidak mencapai target perjalanan, mendapatkan sanksi dari Dinas Perhubungan dan bus mengalami kerusakan pada mesin. Upaya yang dilakukan oleh penumpang terhadap tidak adanya ganti kerugian yang diakibatkan oleh keterlambatan dalam keberangkatan perusahaan angkutan darat PT. PMTOH, yaitu dengan menulis keluh kesah/ informasi pada stories Instagram/ sosial media, menulis informasi/ ulasan pada Google Review, dan menceritakan pengalamannya kepada orang lain.
Disarankan kepada PT. PMTOH agar memperhatikan hak dan kewajiban antara penumpang dan pelaku usaha. Disarankan PT. PMTOH menetapkan batas dispensasi terhadap penumpang yang terlambat tiba di terminal keberangkatan, dan agar tetap bertanggungjawab terhadap kerugian yang diderita oleh penumpang seperti memberikan refund atau snack box sebagai permintaan maaf.
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS NILAI WAKTU PENUMPANG PESAWAT BERDASARKAN KOMPONEN PERGERAKAN PADA TERMINAL KEBERANGKATAN BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (REZA AGUSTIAN, 2022)
EVALUASI KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI TERMINAL BATOH KOTA BANDA ACEH (Lukman, 2014)
REDESAIN TERMINAL BUS TIPE A DI BANDA ACEH (Nova Yecika, 2024)
EVALUASI FASILITAS PELAYANAN DAN KAPASITAS TERMINAL TIPE A KOTA BANDA ACEH (Hariansyah, 2016)
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENUMPANG AKIBAT WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN ANGKUTAN UMUM TRAYEK BANDA ACEH SIGLI (MUHAMMAD NAUFAL, 2024)