KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 ACEH BESAR


Pengarang

Nisrina Dwi Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

R.M. Bambang S - 195911091986031001 - Dosen Pembimbing I
M. Hasbi - 196207091989031002 - m.hasbi@fkip.unsyiah.ac.id - - - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103020068

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan pemahaman matematis merupakan dasar yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran dan untuk menyelesaikan masalah matematika. Namun, pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki kemampuan pemahaman matematis yang baik. Banyak siswa belum bisa memilih prosedur atau operasi yang sesuai dalam menyelesaikan soal, siswa belum bisa mengaplikasikan konsep yang telah diajarkan jika diberikan soal cerita, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang modelnya sedikit berbeda dari contoh dan siswa kurang paham dalam menentukan hal-hal yang diketahui pada soal cerita. Kemampuan pemahaman matematis siswa dapat dioptimalkan dan dikembangkan dengan menggunakan suatu pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa yaitu dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswa melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Besar sudah mencapai ketuntasan kriteria minimum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-experimental design dan menggunakan jenis penelitian one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Aceh Besar, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, sedangkan sampel yaitu siswa kelas VIII-5 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai post-test. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning tidak dapat mencapai ketuntasan kriteria minimum, dengan t_hitung

Mathematical understanding ability is the basis that students must master in the learning process and to solve math problems. However, in reality not all students have good mathematical understanding skills. Many students have not been able to choose the appropriate procedure or operation in solving the problem, students have not been able to apply the concepts that have been taught if given a story problem, students have difficulty in solving problems whose models are slightly different from the example and students do not understand in determining the known things in the story problem. Students' mathematical understanding skills can be optimized and developed by using appropriate learning. One of the possible learning alternatives that can improve students' mathematical understanding skills is Contextual Teaching and Learning (CTL) learning. The purpose of this study was to determine the ability of students' mathematical understanding through Contextual Teaching and Learning of class VIII students at MTs Negeri 2 Aceh Besar has reached the minimum criteria completeness. This study uses a quantitative approach with a Pre-experimental design and uses a one shot case study type of research. The study population was all students of class VIII MTs Negeri 2 Aceh Besar, with sampling techniques using probability sampling techniques, while the sample was class VIII-5 students totaling 30 students. Data collection techniques using post-test scores. Furthermore, the data were analyzed using the one sample t-test test. The results showed that the mathematical understanding ability of students in class VIII MTsN 2 Aceh Besar through Contextual Teaching and Learning learning could not reach the minimum criteria completeness, with t_count

Citation



    SERVICES DESK