KORELASI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II PADA MAHASISWA MBKM PENDIDIKAN FISIKA FKIP USK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KORELASI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II PADA MAHASISWA MBKM PENDIDIKAN FISIKA FKIP USK


Pengarang

Nurmala.A - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Susanna - 196307071989032001 - Dosen Pembimbing I
Abdul Hamid - 196605251991031003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103030014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini mengangkat masalah apakah terdapat korelasi antara mata kuliah SBM
terhadap PLP II pada mahasiswa MBKM Pendidikan Fisika FKIP USK serta untuk
mengetahui respon mahasiswa mengenai korelasi mata kuliah SBM terhadap PLP II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara mata kuliah SBM terhadap
PLP II. Populasi terdiri atas seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2020.
Sampel sebanyak 53 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik purposive
sampling dengan pertimbangan telah mengikuti program MBKM tahun 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan
angket. Analisis data berupa analisis korelasi dan pengujian angket respon mahasiswa
menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah SBM
memiliki korelasi terhadap PLP II. Dimana diperoleh rhitung = 0,71 sedangkan rtabel =
0,279 yang artinya rhitung > rtabel dan dapat disimpulkan terdapat hubungan antara
kedua variabel yang diuji.

This research raises the issue of whether there is a correlation between SBM courses and PLP II for MBKM Physics Education FKIP USK students and to find out student responses regarding the correlation of SBM courses with PLP II. This research aims to determine the correlation between SBM courses and PLP II. The population consists of all Physics Education students class of 2020. A sample of 53 students was taken using techniques purposive sampling with consideration of having participated in the 2022/2023 MBKM program. The approach used is a quantitative approach with a correlational research type. Data collection was carried out using documentation and questionnaire methods. Data analysis took the form of correlation analysis and testing student response questionnaires using a Likert scale. The research results show that SBM courses have a correlation with PLP II. Where is obtained rcount = 0.71 while rtable = 0.279 which means rcount > rtable and it can be concluded that there is a relationship between the two variables tested.

Citation



    SERVICES DESK