PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA KELAS DIGITAL DENGAN KELAS REGULER DALAM MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA KELAS DIGITAL DENGAN KELAS REGULER DALAM MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 4 BANDA ACEH


Pengarang

Salsabiil - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zakaria - 195912311986031029 - Dosen Pembimbing I
Sakdiyah - 196412311992032011 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006101030019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Ekonomi., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salsabiil (2024). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Kelas Digital dengan Kelas Reguler dalam Mata Pelajaran IPS di MTsN 4 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. Zakaria, M.Ed., dan Dr. Sakdiyah, M. Si.

Proses pembelajaran pada abad 21 menuntut pendidik semakin kreatif dan inovatif baik dalam model, metode, dan media pembelajaran. Salah satu bentuk peningkatan efektivitas pembelajaran adalah mengaplikasikan teknologi digital dalam proses pembelajaran yang diwujudkan melalui program kelas digital. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa kelas digital dan kelas reguler serta perbedaan signifikan prestasi belajar siswa antara kelas digital dengan kelas reguler. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi berjumlah 190 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria bahwa kemampuan siswa kelas reguler dianggap sama sehingga diambil satu kelas reguler sebagai perbandingan kelas digital. Siswa yang menjadi sampel adalah sebanyak 31 siswa kelas digital dan 34 siswa kelas reguler. Pengumpulan data dilaksanakan di MTsN 4 Kota Banda Aceh pada tahun 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dalam penelitian ini, serta uji t (hipotesis) independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keseluruhan siswa kelas digital sebesar 71,17 dan nilai rata-rata keseluruhan siswa kelas reguler sebesar 73,16. Perbedaan nilai rata-rata kelas digital dan kelas reguler yaitu 1,99. Pada uji t, diperoleh nilai thitung = -0,904 dan ttabel pada taraf signfikan 0,05 dan df=63 adalah 1,998, berarti nilai thitung lebih kecil dari ttabel (-0,904 < 1,998) sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Hasil dari nilai rata-rata dan uji t tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara kelas digital dengan kelas reguler dalam mata pelajaran IPS di MTsN 4 Banda Aceh. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti, kemampuan siswa dalam menggunakan perangkat digital masih terbatas, sehingga sulit memahami materi pelajaran secara maksimal, dan fasilitas internet seperti wifi sering kali sulit untuk diakses.


Kata Kunci: Kelas Digital, Kelas Reguler, Prestasi Belajar

Salsabiil (2024). Comparing Learning Achievement between Digital Class and Regular Class Students in Social Science Subject at State Islamic Junior High School (MTsN) 4 of Banda Aceh [Undergraduate Thesis. Universitas Syiah Kuala]. Under the Supervision of Drs. Zakaria, M.Ed. and Dr. Sakdiyah, M. Si. The learning process in the 21st century has urged educators to be more creative and innovative regarding learning models, methods, and media. One of the approaches to enhance learning effectiveness is the integration of digital technology into the learning process, realized through digital class programs. The objective of this study was to assess student learning achievements in digital classes compared to regular classes and determine any differences in student performance between the two settings. This study employed a quantitative approach with a comparative research design. The population consisted of 190 students, and a purposive sampling technique was applied, considering the equivalence of abilities among regular class students. This criterion led to the selection of one regular class to be compared with the digital class. The sample comprised 31 digital class students and 34 regular class students at State Islamic Junior High School (MTsN) 4 of Banda Aceh City in 2023. The process of data collection involved interviews, observation, and documentation. The analysis included normality and homogeneity tests as prerequisites, as well as an independent sample t-test for hypothesis testing. The overall average score for digital class students was 71.17, while regular class students scored an average of 73.16. The difference in average scores between digital and regular classes was 1.99. In the t-test, the calculated t-value was -0.904, with a critical t-value of 1.998 at a significance level of 0.05 and df=63. As the calculated t-value (-0.904) was less than the critical t-value (1.998), the hypothesis in this study was rejected. The findings from the average scores and t-test value indicated that there was no significant difference in student learning achievement between digital and regular classes in Social Science Subject at State Islamic Junior High School (MTsN) 4 of Banda Aceh. This can happen due to several factors such as students’ ability to use digital devices is still limite, so they do not fully understand the subject matter and internet facilities is often difficult to access. Keywords: Digital Class, Regular Class, Learning Achievement

Citation



    SERVICES DESK