PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 41 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 41 BANDA ACEH


Pengarang

Melly yanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104040095

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 41 Banda Aceh. Pembelajaran membaca permulaan di kelas II SD Negeri 41 Banda Aceh belum mengoptimalkan media pembelajaran yang ada di sekolah. Hal ini menyebabkan kemampuan membaca permulaan siswa masih sangat rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 41 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 41 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya yaitu True Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 41 Banda Aceh. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh dengan sampel seluruh siswa kelas II A dan II B dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, (terlampir di skripsi). Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 41 Banda Aceh.
Kata Kunci : Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Permulaan.

This study is entitled The Effect of Letter Card Media on Ability Reading Beginning of Grade II Students of SD Negeri 41 Banda Aceh. Learning Initial reading in grade II SD Negeri 41 Banda Aceh has not optimized Learning media in schools. This leads to ability The students' starting reading is still very low. Problem formulation in research This is whether there is an influence of letter card media on ability reading the beginning of grade II students of SD Negeri 41 Banda Aceh? This study aims to determine the influence of letter card media on ability reading the beginning of grade II students of SD Negeri 41 Banda Aceh. Inner approach This research is a quantitative approach type of research, namely True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design. This research was conducted at SD Negeri 41 Banda Aceh. Sampling with saturated sampling technique with samples of all grade II A and II B students with Number of students as many as 50 person. Data collection techniques using deep tests pretest and posttest forms, (attached to the thesis). Then the criteria The decision making is that Ha is accepted and Ho is rejected. Thus, It was concluded that there was a significant influence on the use of letter card media to the initial reading ability of grade II students of SD Negeri 41 Banda Aceh. Keywords: Letter Card Media, Beginning Reading Ability.

Citation



    SERVICES DESK