Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
ANALISIS HUBUNGAN PELAYANAN INTERPERSONAL DAN KESINAMBUNGAN PELAYANAN DENGAN INDEKS KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSUD TGK.CHIK DITIRO PIDIE
Pengarang
Nur Azmi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Rachmad Suhanda - 198006182008011011 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2107201010012
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Kesehatan Masyarakat / PDDIKTI : 13101
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Magister Kesehatan Masyarakat., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
PROGRAM STUDI MAGISTER KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tesis, Januari 2024
Nur Azmi
Analisis Hubungan Pelayanan Interpersonal dan Kesinambungan Pelayanan dengan Indeks Kepuasan Pasien di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Tgk.Chik Ditiro Pidie
113 Halaman + 19 Tabel + 2 Gambar + 13 Lampiran
ABSTRAK
Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah indikator penting dalam evaluasi kualitas pelayanan kesehatan. Pelayanan rawat jalan sebagai salah satu jenis pelayanan rumah sakit yang memerlukan aspek penilaian yang berkualitas, dan pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan rumah sakit Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pelayanan interpersonal dan kesinambungan pelayanan dengan kepuasan pasien di poliklinik rawat jalan Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan rawat jalan di Poliklinik RSUD Tgk.Chik Ditiro Pidie berjumlah 209 responden yang dipilih secara Probability sampling. Penelitian dilakukan selama Oktober 2023. Hasil: Uji Spearman menunjukkan terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal (p=0,000;r=0,498) dengan indeks kepuasan pasien, gaya interpersonal (p=0,000;r=0,509) dengan indeks kepuasan pasien, pembuatan Keputusan p=0,000;r=0,482) dengan indeks kepuasan pasien, kemitraan pasien dengan dokter dan perawat jangka panjang (p=0,000;r=0,508) dengan indeks kepuasan pasien, pengetahuan dokter dan perawat terhadap riwayat pasien (p=0,000;r=0,338) dengan indeks kepuasan pasien dan fasilitas pelayanan (p=0,000;r=0,545) dengan indeks kepuasan pasien di poliklinik rawat jalan RSUD Tgk.Chik Ditiro. Hasil uji regresi linier berganda fasilitas pelayanan adalah variabel paling berhubungan dengan indeks kepuasan pasien (koef=-0,662; p=0,000) Kesimpulan: fasilitas pelayanan variabel yang paling berhubungan dengan indeks kepuasan pasien di poliklinik rawat jalan RSUD Tgk.Chik Ditiro Pidie.
Kata Kunci: Pelayanan interpersonal,kesinambungan pelayanan, kepuasan pasien
Daftar Pustaka: 48 jurnal penelitian (2007-2023)
MASTER OF PUBLIC HEALTH STUDY PROGRAM FACULTY OF MEDICINE SYIAH KUALA UNIVERSITY Thesis, Januari 2024 Nur Azmi Analysis of Interpersonal Service Relationship and Service Continuity with Patient Satisfaction Index at Outpatient Polyclinic of Tgk.Chik Ditiro Pidie Hospital 113 Pages + 19 Tables + 2 Images + 13 Appendices ABSTRACT Background: Patient satisfaction is an important indicator in evaluating health care quality. Outpatient services are one type of hospital service that requires quality assessment aspects, and nursing services are an integral part of hospital services Objective: To determine the relationship between interpersonal services and continuity of service with patient satisfaction in outpatient polyclinics Research Method: This study is quantitative research with a cross-sectional design. The respondents in this study were patients who received outpatient services at the Polyclinic of Tgk. Chik Ditiro Pidie Hospital, totaling 209 respondents selected by Probability sampling. The study was conducted in October 2023. Results: The Spearman test showed a relationship between interpersonal communication (p=0.000; r=0.498) with patient satisfaction index, interpersonal style (p=0.000; r=0.509) with patient satisfaction index, decision making p=0.000; r=0.482) with patient satisfaction index, long-term patient-doctor and nurse partnerships (p=0.000; r=0.508) with patient satisfaction index, doctor and nurse knowledge of patient history (p=0.000; r=0.338) with patient satisfaction index and service facilities (p=0.000; r=0.545) with patient satisfaction index at the outpatient polyclinic of Tgk.Chik Ditiro Hospital. The results of the linear regression test of the service facilities are the most related to patient satisfaction index (coeff=-0,662; p=0,000) Conclusion: service facilities are the variables most related to patient satisfaction index at the outpatient polyclinic of RSUD Tgk.Chik Ditiro Pidie. Keywords: Interpersonal care, continuity of service, patient satisfaction Bibliography: 48 research journals (2007-2023)
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI DEPO FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (MASYITAH ISNAINI, 2022)
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN POLIKLINIK BEDAH RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2010 (Fitria nur maulida, 2023)
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Keumalasari, 2023)
KORELASI HUBUNGAN INTERPERSONAL PERAWAT-PASIEN DENGAN KUALITAS ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH (Wildan Akbar, 2022)
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAMRNRSUD SABANG (Laila bida Lakzana, 2023)