Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 MATANGKULI
Pengarang
RAUDHATUL JANNAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ari Palawi - 197411102003121003 - Dosen Pembimbing I
Tri Supadmi - 196702161993032002 - Dosen Pembimbing II
Mukhsin Putra Hafid - 197607022006041001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906102030062
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Sendratasik., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Raudhatul.(2024).Efektivitas Penerapan Kuirkulum Merdeka BelajarPada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Matamgkuli
Implementasi Kurikulum Merdeka masih dikatakan baru dan masih dalam tahap sosialisasi, hal ini efektivitas kurikulum merdeka perlu di lihat dari beberapa indikator. Fokus penelitian ini adalah bagaimana efektivitas kurikulum merdeka belajar di SMP N 1 Matangkuli pada mata pelajaran Seni Budaya dengan melihat 4 indikator efektivitas keberhasilan terhadap Input, Proses, Output, Outcome (IPOO). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dari 2 orang guru pengampu seni budaya, peserta didik kelas VII dan VIII SMP N 1 Matangkuli. Dukumentasi berupa modul ajar, foto proses pembelajaran pada kelas VII dan VIII dan juga kegiatan pembelajaran. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran seni budaya. apakah dengan kurikulum merdeka pembalajaran seni budaya di SMP N 1 Matangkuli dapat efektif atau cukup efektif. Efektivitas kurikulum merdeka diukur dengan melihat (IPOO). Hasil penelitian ini menunjukkan efektiviats kurikulum merdeka di SMP N 1 Matangkuli pada pembelajaran seni budaya sudah terlaksana dengan cukup baik, perencanaan pembelajaran dengan mencantumkan Capaian Pembelajaran(CP), dan Alur Tujuan Pembelajaran(ATP) serta modul yang disusun sudah sesuai dengan keputusan Kemendikbudristek NO 262/M/2022 meskipun memerlukan banyak penyempurnaan karena berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Hal tersebut dapat tergambar dari tahap Input, Proses, Output, dan Outcome.
Kata Kunci : Efektivitas , Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Seni Budaya
Raudhatul. (2024). Effectiveness of Implementing the Independent Learning Curriculum in Arts and Culture Subjects at SMP Negeri 1 Matamgkuli The implementation of the Independent Curriculum is still said to be new and is still in the socialization stage. The effectiveness of the independent curriculum needs to be seen from several indicators. The focus of this research is how effective the independent learning curriculum at SMP N 1 Matangkuli is in Arts and Culture subjects by looking at 4 indicators of the effectiveness of success in Input, Process, Output, Outcome (IPOO). This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques were obtained using observation, interviews and documentation methods from 2 arts and culture teachers, students in grades VII and VIII of SMP N 1 Matangkuli. Documentation in the form of teaching modules, photos of the learning process in classes VII and VIII and also learning activities. Meanwhile, the data analysis techniques that researchers use are through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The aim of this research is to determine the effectiveness of implementing the independent curriculum in arts and culture learning. Whether with an independent curriculum, arts and culture learning at SMP N 1 Matangkuli can be effective or effective enough. The effectiveness of the independent curriculum is measured by looking at (IPOO). The results of this research show that the effectiveness of the independent curriculum at SMP N 1 Matangkuli in arts and culture learning has been implemented quite well, learning planning includes Learning Achievements (CP) and Learning Objectives Flow (ATP) and the modules prepared are in accordance with the Ministry of Education and Culture's decision NO 262 /M/2022, although it requires a lot of improvements because the various parties involved are still in the process of adjusting. This can be illustrated from the Input, Process, Output and Outcome stages. Keywords: Effectiveness, Independent Learning Curriculum, Arts and Culture Learning
PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PELAJARAN SENI BUDAYA PADA SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH (Nur Husna, 2021)
PENERAPAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI SMP KELAS VII SEKABUPATEN NAGAN RAYA (RIKA NURLISMA HN, 2015)
IMPLEMENTASI KURIKULUM MANDIRI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI TARI SAMAN KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA (Sari Wahyuni, 2024)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BOARDING DAN NONBOARDING DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Habibullah, 2017)
PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 1 JEUMPET (Rahmat Balia, 2024)