Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII MTSN 2 ACEH BESAR MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR
Pengarang
ELVIRA IRAYANA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1806103020065
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.26
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Dalam pembelajaran matematika siswa seringkali melakukan kesalahan dalam penyelesaian soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesalahan siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar serta penyebab terjadinya kesalahan. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 MTsN 2 Aceh Besar yang dipilih 8 siswa dengan pertimbangan 2 siswa untuk kategori kesalahan konsep, 2 siswa untuk kategori kesalahan prinsip, 2 siswa untuk kategori kesalahan fakta, dan 2 siswa untuk kategori kesalahan operasi. Teknik pengumpulan data diambil melalui pemberian soal tes dan wawancara kepada siswa. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar antara lain yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan fakta, dan kesalahan operasi. Penyebabnya ialah lemahnya pengetahuan dasar terhadap materi bentuk aljabar, seperti suku-suku yang sejenis, pengoperasian bentuk aljabar, serta sifat-sifat operasi bentuk aljabar, lemahnya kemampuan dalam penyelesaian soal cerita, tidak memeriksa kembali jawabannya, kurangnya komunikasi dengan guru yang mengajar, dan tidak berlatih dalam menyelesaikan soal-soal materi bentuk aljabar.
Kata Kunci: Bentuk Aljabar, Diagnosis Kesalahan, dan Matematika.
In learning mathematics, students often make mistakes in solving problems given by the teacher. This study aims to diagnose the errors of class VIII students of MTsN 2 Aceh Besar in solving algebraic form problems and the causes of errors. The type and approach of this research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were students of class VIII-3 MTsN 2 Aceh Besar who were selected 8 students with consideration of 2 students for the category of concept errors, 2 students for the principle error category, 2 students for the fact error category, and 2 students for the operation error category. Data collection techniques were taken through giving test questions and interviews to students. Data analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the errors made by students in solving algebraic form problems include concept errors, principle errors, fact errors, and operation errors. The causes are weak basic knowledge of algebraic form material, such as similar terms, operation of algebraic forms, and properties of algebraic form operations, weak ability in solving story problems, not checking their answers again, lack of communication with the teaching teacher, and not practicing in solving algebraic form material problems. Keywords: Algebraic Forms, Error Diagnosis, and Mathematics.
ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ismatul Hasni, 2014)
DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)
KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (RAHIL MASTURAH, 2022)
ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR RNSISWA SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH (AQILLA ZAQIRA, 2025)
KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 ACEH BESAR (Nisrina Dwi Putri, 2024)