PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN, RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN PADA UMKM DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN, RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN PADA UMKM DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Farhan Zuha - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Teuku Muhammad Syahrizal - 199004172019031013 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Haris Riyaldi - 198406202014041001 - Penguji
Eka Nurlina - 198903082019032021 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1901104010081

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Penerbit

Banda Aceh : Ekonomi Islam (S1)., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.321

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persespsi kemanfaatan,
kemudahan, religiusitas, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-wallet
sebagai alat pembayaran pada UMKM di Kota Banda Aceh. Sampel yang
digunakan sebanyak 100 respoden yang didapatkan melalu Teknik purposive
sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner pada responden dan
data sekunder diperoleh melalui studi-studi sebelumnya. Adapun analisis yang
digunakan adalah Regresi Liniear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa
secara parsial variable persepsi kemanfaatan, kemudahan, dan religiusitas
berpegaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet, sedangkan
variabel kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet
pada UMKM di Kota Banda Aceh. Secara simultan variable persepsi
kemanfaatan, kemudahan, religiusitas dan kepercayaan secara Bersama-sama
berpengaruh terhadap minat menggunakan e-wallet. Oleh karena itu, untuk
meningkatkan minat menggunakan e-wallet pada UMKM untuk mengembangkan
strategi yang lebih efektif dalam mempromosikan penggunaan e-wallet sebagai
alat pembayaran di Kota Banda Aceh, dengan memperhatikan aspek-aspek
kepraktisan, dan nilai-nilai religiusitas.
Kata Kunci: Persepsi Kemanfaatan, Kemudahan, Religiusitas, Kepercayaan.

ABSTRACT This research aims to analysis the influence of perceived usefulness, convenience, religiosity and trust on interest in using e-wallets as a means of payment among MSMEs in Banda Aceh City. The sample used was 100 respondents obtained through purposive sampling technique. The data used in this research are primary and secondary data. Primary data was obtained from distributing questionnaires to respondents and secondary data was obtained through previous studies. The analysis used is multiple linear regression. The research results show that partially the variables of perceived usefulness, convenience and religiosity have a significant positive effect on interest in using e-wallets, while the trust variable has no effect on interest in using e-wallets among MSMEs in Banda Aceh City. Simultaneously, the variables of perception of usefulness, convenience, religiosity and trust together influence interest in using e-wallet. Therefore, to increase interest in using e-wallets among MSMEs to develop a more effective strategy in promoting the use of e-wallets as a means of payment in Banda Aceh City, by paying attention to practical aspects and religious values. Keywords: perceived usefulness, convenience, religiosity, trust

Citation



    SERVICES DESK