Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GAROT ACEH BESAR
Pengarang
SITI NURKAMALIAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Fauzi - 195904091986031012 - Dosen Pembimbing I
Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104040122
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Siti Nurkamaliah (2024). Kesulitan Guru dalam mengimplementasikan Kuriulum
Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di SD Negeri Garot Aceh Besar”.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di SD Negeri Garot Aceh Besar
meskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang ada. Penerapannya masih
diterapkan secara bertahap yaitu kelas I, II, IV dan V, yang mana penerapannya tidak
terlepas dari permasalahan baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui kesulitan guru dalam
mengimplementasikan kurikulum merdeka terharap proses pembelajaran di SD Negeri
Garot Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu Guru kelas I, II, IV dan V. Pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam merancang kurikulum merdeka
di SD Negeri Garot Aceh Besar yaitu dalam menganalisis Capaian Pembelajaran (CP)
menjadi Tujuan Pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan
membuatnya dalam bentuk Modul Ajar. Dalam starategi pembelajaran guru
menentukan metode yang tepat, selaian itu guru juga menglami kesulitan dalam
inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar serta dalam pelaksanaan
pembelajaran yang berbasis proyek. yaitu dalam menentukan proyek kelas serta
kurangnya alokasi waktu untuk pembelajaran berbasis proyek. Kesulitan guru lain nya
terdapat dalam menentukan instrument asesmen yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai, dan menentukan instrumen asesmen pada saat
pembelajaran berbasis proyek.
Kata Kunci: Kesulitan guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Proses
pembelajaran.
ABSTRACT Siti Nurkamaliah (2024). Teachers' difficulties in implementing the curriculum Freedom from the Learning Process at the Garot Aceh Besar State Elementary School." Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Science Education, Syiah Kuala University. The Merdeka Curriculum has been implemented at the Garot Aceh Besar State Elementary School although it cannot be separated from the various existing problems. It is still being implemented applied in stages, namely classes I, II, IV and V, where the implementation is not regardless of problems in terms of planning, implementation and assessment. This research aims to find out teachers' difficulties in implementing the independent curriculum in the learning process in state elementary schools Aceh Besar Garot. This research uses a qualitative approach with types descriptive research. Research subjects are teachers of grades I, II, IV and V. Collection data was carried out by observation and interviews. The data analysis techniques are: carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Results Research shows that teachers have difficulties in designing an independent curriculum at Garot Aceh Besar State Elementary School, namely in analyzing Learning Achievements (CP) into Learning Objectives (TP), compiling a Flow of Learning Objectives (ATP) and make it in the form of a Teaching Module. In teacher learning strategies Determining the right method, besides that, teachers also experience difficulties in determining the right method innovation in learning media that is appropriate to teaching materials and implementation project-based learning. namely in determining class projects as well lack of time allocation for project-based learning. The difficulties of other teachers found in determining assessment instruments that are appropriate to the objectives learning to be achieved, and determining the assessment instruments at the time project-based learning. Keywords: Teacher difficulties, Independent Curriculum Implementation, Process learning.
HAMBATAN GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Hayyatun, 2024)
2024 KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 1 LAMBHEU (Fitriani, 2024)
KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU SMA NEGERI 15 BANDA ACEH DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (Putri Indah Seruni, 2023)
ANALISIS KENDALA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 2 MEUREUDU PIDIE JAYA (NADIA SHAVIRA, 2024)
PEMAHAMAN GURU BIDANG STUDI IPS TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 INGIN JAYA (Lembachre, 2024)