MENGEMBANGKAN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD AL-YAQIN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MENGEMBANGKAN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD AL-YAQIN ACEH BESAR


Pengarang

Indria Gunawan - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bahrun - 195908241987021001 - Dosen Pembimbing I
Rosmiati - 198211022016012101 - Dosen Pembimbing II
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing III
Suhartati - 197410211999032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104210056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PG-PAUD., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

372.21

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Mengembangkan Sikap Percaya Diri Anak Usia Dini melalui Bermain Peran di PAUD Al-Yaqin Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Mengembangkan sikap percaya diri anak dapat dilakukan melalui bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sikap percaya diri anak usia dini melalui bermain peran di PAUD Al-Yaqin Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yaitu: siklus I bermain peran Pedagang, siklus II bermain peran Chef, setiap siklus mencakup 4 perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini 6 orang anak yang terdiri 4 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Langkah kegiatan yaitu guru memberitahu tema dan sub tema yang akan dipelajari, menyediakan alat dan bahan kegiatan, menyepakati aturan kelas Bersama, guru menjelaskan bermain peran kepada anak, meminta anak untuk memperhatikan dan mempersilahkan anak untuk bermain, setelah bermain guru meminta anak untuk merapikan alat permainan yang telah dimainkan. Hasil penelitian yang dilakukan selama II siklus menunjukan bahwa sebanyak 2 orang anak berada pada kategori bintang empat () berkembang sesuai harapan (BSH), 3 orang anak berada pada kategori Bintang tiga () berkembang sangat baik (BSB), yaitu dengan bermain peran dapat mengembangkan sikap percaya anak usia dini

Keywords: Confident Attitude, Role Playing, Early Childhood. Developing Self-Confidence in Early Childhood through Role Playing at PAUD Al-Yaqin Aceh Besar. Thesis. Department of Early Childhood Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Developing children's self-confidence can be done through role playing. The aim of this research is to develop self-confidence in young children through role playing at PAUD Al-Yaqin Aceh Besar. The research method used is Classroom Action Research (PTK) which is carried out in 2 cycles, namely: cycle I playing the role of Trader, cycle II playing the role of Chef, each cycle includes 4 planning, implementation, observation, reflection. The subjects in this study were 6 children, consisting of 4 boys and 2 girls. Data collection techniques through observation and performance. The data analysis technique was carried out descriptively qualitatively. The activity steps are that the teacher tells the theme and sub-theme that will be studied, provides tools and activity materials, agrees on class rules together, the teacher explains role playing to the children, asks the children to pay attention and invites the children to play, after playing the teacher asks the children to tidy up the play equipment. that has been played. The results of research conducted during the second cycle showed that 2 children were in the four star category () developing according to expectations (BSH), 3 children were in the three star category () developing very well (BSB), namely by playing roles can develop an attitude of trust in young children

Citation



    SERVICES DESK