MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (SUATU STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (SUATU STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA)


Pengarang

HUSNUL KHATIMAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ruaida - 196112311989032003 - Dosen Pembimbing I
Musfiana - 196203131987032002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906101030056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Ekonomi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Husnul Khatimah (2023). Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce TikTok Shop (Suatu Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala). [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Ruaida, M. Si dan Ibu Dra. Musfiana M.M.
Tiktok shop sebagai salah satu platform e-commerce yang terkenal dan berkembang pesat yang banyak digunakan oleh mahasiswa. Namun, tidak semua mahasiswa memiliki minat beli yang sama terhadap produk yang ditawarkan oleh Tiktok shop. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswa, seperti kualitas produk, harga, keamanan transaksi, pengalaman pengguna dan promosi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya minat beli konsumen E-Commerce Tiktok Shop pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala dan untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas produk, brand/merek, kemasan, harga, ketersediaan barang dan promosi terhadap minat beli di E-Commerce TikTok Shop. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa aktif angkatan 2018 ,2019 ,2020 ,2021 dan 2022 yang pernah berbelanja menggunakan TikTok Shop, dengan jumlah total 89 mahasiswa dengan sampel 47 mahasiswa dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari angket dan dokumentasi. Untuk melihat minat beli konsumen e-commerce tiktok shop pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala tergolong kategori sangat tinggi dengan hasil rata-rata minat beli sebesar 4,27 dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian untuk melihat adanya pengaruh antara faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap minat beli digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah persyaratan pengujian terpenuhi, Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen (X) berpengaruh yang signifikan terhadap minat beli (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel dimana 6.510 > 2.021 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat dikatakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli berdasarkan hasil uji t.

Kata Kunci: Minat beli, E-commerce TikTok Shop

Husnul Khatimah (2023). Consumer Purchase Interest in the E-Commerce TikTok Shop (A Study of Economic Education Students, FKIP Syiah Kuala University). [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Mrs. Dra. Ruaida, M. Si and Mrs. Dra. Musfiana M.M. Tiktok shop is a well-known and fast-growing e-commerce platform that is widely used by students. However, not all students have the same interest in purchasing the products offered by Tiktok shop. There are several factors that influence students' buying interest, such as product quality, price, transaction security, user experience and product promotion. This research aims to determine the magnitude of consumer buying interest in E-Commerce Tiktok Shop among students of the Department of Economic Education, FKIP, Syiah Kuala University and to determine the influence of product quality, brand, packaging, price, availability of goods and promotions on buying interest in E-Commerce. TikTok Shop. This research method is quantitative research with a descriptive approach. The population used in this research were active students from the classes of 2018, 2019, 2020, 2021 and 2022 who had shopped using the TikTok Shop, with a total of 89 students with a sample of 47 students using purposive sampling techniques. Data collection uses library studies and field studies consisting of questionnaires and documentation. To see the buying interest of TikTok shop e-commerce consumers among students of the Department of Economic Education, FKIP, Syiah Kuala University, it is in the very high category with an average buying interest of 4.27, thus Ha is accepted and Ho is rejected. Then, to see the influence between the factors that influence consumer buying interest on buying interest, the t-test is used at a significance level of 0.05 after the test requirements are met. Based on the research results, it is known that the factors that influence consumer buying interest (X) have a significant effect. towards buying interest (Y) with a significance value of 0.001 < 0.05, indicating that t-count > t-table where 6,510 > 2,021 which means that Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be said that the factors that influence buying interest have an influence which is significant for buying interest based on the results of the t test. Keywords: Purchase interest, E-commerce TikTok Shop

Citation



    SERVICES DESK