PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 39 KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 39 KOTA BANDA ACEH


Pengarang

SITI RAHMA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Husin - 195905271986021002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104040112

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD (S1)., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pada pembelajaran IPS, hasil belajar siswa masih tergolong rendah dikarenakan kurangnya keterlebitan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS tema 8 subtema 1 pembelajaran 3. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 39 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis & McTaggart, penelitian ini dirancang menggunakan menggunakan tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebanyak 26 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadinya peningkatan aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,3 (cukup), pada siklus II dengan nilai rata-rata 3,1 (baik) dan pada siklus III dengan nilai rata-rata 3,6 (baik). Aktivitas siswa juga terjadi peningkatan yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 2 (cukup), pada siklus II dengan nilai rata-rata 2,85 (baik) dan pada siklus III dengan nilai rata-rata 3,57 (baik). Hasil belajar siswa menjadi lebih baik yaitu pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 50,3 dengan persentase ketuntasan 46,1%, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 71,1 dengan persentase ketuntasan 69,2% dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 77,6 dengan persentase ketuntasan 88,4%. Peningkatan ini telah mencapai indikator keberhasilan atau tuntas, dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa.

In social studies learning, student learning outcomes are still relatively low due to the lack of student involvement in the teaching and learning process. The formulation of the problem in this research is how teacher activities, student activities and learning outcomes apply the Contextual Teaching and Learning (CTL) model to social studies learning theme 8 subtheme 1 learning 3. This research aims to improve teacher activities, student activities and students' social studies learning outcomes class IV of SD Negeri 39 Banda Aceh City. This research uses the classroom action research (PTK) method with the Kemmis & McTaggart model research design, this research uses three cycles. The subjects in this research were 26 class IVA students, consisting of 15 men and 11 women. The data collection techniques used are observation and tests. The data analysis technique uses qualitative descriptive analysis. Observation results show that there was an increase in teacher activity in cycle I with an average value of 2.3 (fair), in cycle II with an average value of 3.1 (good) and in cycle III with an average value of 3.6 ( Good). Student activity also increased, namely in cycle I with an average score of 2 (fair), in cycle II with an average score of 2.85 (good) and in cycle III with an average score of 3.57 (good). Student learning outcomes became better, namely in cycle 1 they got an average score of 50.3 with a completion percentage of 46.1%, in cycle II they got an average score of 71.1 with a completion percentage of 69.2% and in cycle III they got a score an average of 77.6 with a completion percentage of 88.4%. This improvement has reached indicators of success or completion, from the results of the data analysis it can be concluded that the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model in social studies subjects theme 8 subtheme 1 learning 3 can increase teacher, student activity and student learning outcomes.

Citation



    SERVICES DESK