EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH


Pengarang

Atikah Ayu Rizki - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Syaiful Bahri - 196012191986031001 - Dosen Pembimbing I
Evi Rahmiyati - 198905102020122005 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104030049

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Bimbingan dan Konseling., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Atikah Ayu Rizki (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah.

Keberhasilan belajar dalam dunia pendidikan ditentukan tidak hanya melalui faktor intelektual saja, melainkan faktor non intelektuan yang salah satunya adalah kecakapan peserta didik untuk memotivasi diri dalam belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat mengoptimalkan aktivitas dan inisiatif dalam belajar, serta dapat mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah pada tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentukan rancangan penelitian ini menggunakan model one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Bukit Bener Meriah dengan mengambil sampel 9 peserta didik menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini dibuat dengan modifikasi skala likert 4 skala. Untuk melihat adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan uji Wilcoxon pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Tingkat motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 60; 2) Gambaran motivasi belajar peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving sebanyak 8 kali, terdapat peningkatan pada motivasi belajar peserta didik pada kategori tinggi dengan rata-rata 76; 3) Dari 8 aspek motivasi belajar, terdapat 1 aspek motivasi belajar yaitu aspek menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah yang tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik; 4) Berdasarkan hasil hipotesis, maka layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Kata kunci: Efektivitas, Bimbingan kelompok, Teknik problem solving, Motivasi belajar.

Atikah Ayu Rizki (2023). Effectiveness of Group Tutoring Services using Problem Solving Techniques to Increase Students' Learning Motivation at SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Learning success in the world of education is determined not only through intellectual factors, but also non-intellectual factors, one of which is students' ability to motivate themselves in learning. Students who have high learning motivation can optimize activities and initiative in learning, and can direct and maintain persistence in carrying out learning activities. This research aims to find out how effective group guidance services using problem solving techniques are in increasing the learning motivation of students at SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah in 2023. This research is pre-experimental research with a quantitative approach. This research design was formed using a one group pretest-posttest design model. The research population was all class X students at SMAN 1 Bukit Bener Meriah by taking a sample of 9 students using nonprobability sampling with a purposive sampling technique. This research instrument was created using a modified 4-scale Likert scale. To see an increase in students' learning motivation, use the Wilcoxon test at a significance level of 0.05 after the testing prerequisites are met. Based on the research results, it is known that 1) The level of students' learning motivation before being given group guidance services using problem solving techniques was in the very low category with an average score of 60; 2) Description of students' learning motivation after being given group guidance services using problem solving techniques 8 times, there was an increase in students' learning motivation in the high category with an average of 76; 3) Of the 8 aspects of learning motivation, there is 1 aspect of learning motivation, namely the aspect of showing interest in various problems which is not effective in increasing students' learning motivation; 4) Based on the hypothesis results, group guidance services with problem solving techniques are effectively used to increase students' learning motivation. Keywords: Effectiveness, group guidance, problem solving techniques, learning motivation.

Citation



    SERVICES DESK