Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN APOTEK DI PUSKESMAS JEULINGKE KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Putri Winanda - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1107101010091
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kepuasan merupakan evaluasi dimana pelayanan kesehatan yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil sesuai dengan harapan pasien oleh karena itu, kepuasan menjadi suatu tolak ukur dalam sistem pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan apotek di Puskesmas Jeulingke Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain cross sectional, yang dilakukan sejak 13 November sampai 29 November 2014 pada pasien yang melakukan pengambilan obat di Apotek Jeulingke Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel 96 responden. Dari hasil penelitian didapatkan 5 responden (5,2%) tidak puas terhadap pelayanan apotek, 36 responden (37,5%) puas terhadap pelayanan apotek dan 55 responden (57,3%) sangat puas terhadap pelayanan apotek. Penelitian ini menggunakan uji Spearman dengan signifikasi p-value=0,05 (?=0,05) pada CI 95%, sehingga hipotesis diterima dengan nilai korelasi sebesar 0,526. Hal ini menunjukkan kekuatan korelasi yang cukup berarti (sedang), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan apotek di Puskesmas Jeulingke kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Apotek, Tingkat Pendidikan.
Satisfaction is the evaluation which selected health services at least gives the results in accordance with the expectations of patient. Therefore, satisfaction becoming a benchmark in the health care system. The purpose of this study is to find out the relationship level of education with patient satisfaction on the pharmacy service in Puskesmas Jeulingke Banda Aceh. This study used the analytical observational method with cross-sectional design which is conducted from 13 November to 20 November 2014 in patients taking the drug at Jeulingke pharmacy Banda Aceh with number of sample of 96 respondent. The results showed that 5 respondents (5,2%) are not satisfied with the pharmacy service, 36 respondents (37,5%) are satisfied with the pharmacy service, and 55 respondents (57,3%) are very satisfied with the pharmacy service. This study used a Spearman test with significance p-value=0,05 (?=0,05) at CI 95%, so the hypothesis is accepted with the correlation value of 0.526 . This showed a significant correlation strength (medium), so it can be concluded there is a relationship between level of education and patient satisfaction on pharmacy service in Puskesmas Jeulingke Banda Aceh.
Key word : Satisfaction, pharmacy service, level of education
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Keumalasari, 2023)
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN STATUS AKREDITASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Nila Frisanti, 2022)
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nadya Tasya, 2016)
TINGKAT KESESUAIAN PELAYANAN FARMASI KLINIK DI APOTEK BERDASARKAN PERMENKES RI NO. 73 TAHUN 2016 DI APOTEK KOTA BANDA ACEH (Ayu Nazila, 2023)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)