KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH


Pengarang

LIZA KIRANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bintang Zaura - 196311091991032001 - Dosen Pembimbing I
Mukhlis Hidayat - 198208312006041002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103020058

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Gaya belajar adalah suatu cara yang disukai dan diterapkan seseorang dalam berpikir, menangkap, dan mengolah suatu informasi. Namun, masih terdapat banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika disebabkan cara guru dalam menyampaikan materi tidak sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswanya. Salah satu upaya agar siswa dapat menyerap informasi dengan baik saat belajar adalah dengan mengetahui gaya belajar siswa. Maka dari itu perlu bagi guru untuk mengetahui gaya belajar masing-masing siswa agar guru dapat menyampaikan informasi serta dapat diterima dengan baik oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 6 Banda Aceh. Pengumpulan dilaksanakan melalui observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan, reduksi, mendisplay, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan gaya belajar visual sebanyak 21 siswa dengan persentase 65,625%, gaya belajar auditorial sebanyak 5 siswa dengan persentase 15,625%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 6 siswa dengan persentase 18,75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan gaya belajar yang paling dominan dimiliki oleh siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 6 Banda Aceh adalah gaya belajar visual.

Learning style is a preferred method applied by an individual in thinking, capturing, and processing information. However, many students still experience difficulties in learning mathematics due to the teacher's delivery of the material not being in line with the characteristics of their learning style. One effort to ensure that students can absorb information well during learning is by understanding the students' learning styles. Therefore, it is necessary for teachers to know the learning styles of each student so that the information can be delivered and accepted well by the students. This study uses a qualitative approach with a Descriptive research type. The subjects in this study were students of class VIII-7 at SMP Negeri 6 Banda Aceh. Data collection was conducted through observation and questionnaires. Data analysis techniques used the stages of data collection, reduction, display, and drawing conclusions. The results showed that visual learning style was possessed by 21 students with a percentage of 65.625%, auditory learning style was possessed by 5 students with a percentage of 15.625%, and kinesthetic learning style was possessed by 6 students with a percentage of 18.75%. Thus, it can be concluded that the most dominant learning style possessed by students of class VIII-7 SMP Negeri 6 Banda Aceh is visual learning style.

Citation



    SERVICES DESK