Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH
Pengarang
LIZA KIRANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Bintang Zaura - 196311091991032001 - Dosen Pembimbing I
Mukhlis Hidayat - 198208312006041002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1906103020058
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Gaya belajar adalah suatu cara yang disukai dan diterapkan seseorang dalam berpikir, menangkap, dan mengolah suatu informasi. Namun, masih terdapat banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika disebabkan cara guru dalam menyampaikan materi tidak sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswanya. Salah satu upaya agar siswa dapat menyerap informasi dengan baik saat belajar adalah dengan mengetahui gaya belajar siswa. Maka dari itu perlu bagi guru untuk mengetahui gaya belajar masing-masing siswa agar guru dapat menyampaikan informasi serta dapat diterima dengan baik oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 6 Banda Aceh. Pengumpulan dilaksanakan melalui observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan, reduksi, mendisplay, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan gaya belajar visual sebanyak 21 siswa dengan persentase 65,625%, gaya belajar auditorial sebanyak 5 siswa dengan persentase 15,625%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 6 siswa dengan persentase 18,75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan gaya belajar yang paling dominan dimiliki oleh siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 6 Banda Aceh adalah gaya belajar visual.
Learning style is a preferred method applied by an individual in thinking, capturing, and processing information. However, many students still experience difficulties in learning mathematics due to the teacher's delivery of the material not being in line with the characteristics of their learning style. One effort to ensure that students can absorb information well during learning is by understanding the students' learning styles. Therefore, it is necessary for teachers to know the learning styles of each student so that the information can be delivered and accepted well by the students. This study uses a qualitative approach with a Descriptive research type. The subjects in this study were students of class VIII-7 at SMP Negeri 6 Banda Aceh. Data collection was conducted through observation and questionnaires. Data analysis techniques used the stages of data collection, reduction, display, and drawing conclusions. The results showed that visual learning style was possessed by 21 students with a percentage of 65.625%, auditory learning style was possessed by 5 students with a percentage of 15.625%, and kinesthetic learning style was possessed by 6 students with a percentage of 18.75%. Thus, it can be concluded that the most dominant learning style possessed by students of class VIII-7 SMP Negeri 6 Banda Aceh is visual learning style.
ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Eka Agustiya, 2015)
KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (LIZA KIRANI, 2024)
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Maulidya Puteri, 2023)
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI SMPN 13 BANDA ACEH (Ardian Syahputra, 2025)
STRATEGI GURU DALAM MENGATASI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Syarifah Se`ha, 2021)