KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Saiful Bahri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing I
Ismail - 197507062006041007 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2109200050006

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.200 92

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH
DI SEKOLAH DASAR NEGERI
KOTA BANDA ACEH

Oleh : Saiful Bahri
NPM: 2109200050006
Dosen pembimbing :
1. Dr. Niswanto, M. Pd.
2. Dr. Ismail, M. Pd.

ABSTRAK
Manajerial kepala sekolah sangat berpengaruh dalam menciptakan budaya mutu di sekolah, sehingga dengan manajerial yang baik akan memudahkan dalam meningkatkan budaya mutu di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu di SDN Kota Banda Aceh, terutama dalam bidang perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengimplementasian (actuating) dan pengawasan (controlling). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam mengatur perencanaan program skolah, seorang kepala sekolah perlu memainkan peran manajernya, ia mengajak warga sekolah ikut serta dalam penyusunan program kerja, terutama team khusus dari pihak guru. (2) langkah yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam menjalankan program-programnya adalah mengajak, menghimbau, mengontrol serta mengevaluasi program yang sudah direncanakan. (3) Cara kepala SDN Kota Banda Aceh mengevaluasi dan menindak lanjuti program-program yang sudah direncanakan dengan rapat team secara rutin setiap awal bulan untuk membahas kendala yang dialami dalam proses penerapan program serta mencari solusi bersama setiap permasalahan yang ada.

Kata Kunci : Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Mutu

THE SCHOOL PRINCIPAL’S MANAGERIAL COMPETENCE IN ENHANCING QUALITY CULTURE IN AN ELEMENTARY SCHOOL IN BANDA ACEH ABSTRACT (Saiful Bahri) The principal's managerial approach significantly influences the establishment of a quality culture within a school, facilitating the enhancement of overall management for improved quality culture. This study aimed to assess the managerial skills of elementary school principals in Banda Aceh City, with a focus on planning, organizing, implementing, and controlling aspects. Utilizing a qualitative approach, the data collection methods included interviews, observation, and documentation involving school principals, vice principals, and teachers. The data analysis involved data reduction, presentation, and conclusion. The findings revealed that: (1) in organizing school program planning, the school principal assumed the role of a manager, actively involving the school community, particularly a dedicated team of teachers, in preparing the work program. In addition, (2) the school principal adopted several steps, such as inviting, encouraging, controlling, and evaluating the execution of the planned programs effectively. Lastly, (3) the school principal employed a structured approach to evaluate and follow up on the planned programs. Regular team meetings at the beginning of each month were regularly conducted to discuss obstacles encountered during all program implementation and collaboratively devise solutions to address existing challenges. Keywords : Managerial Competence, School Principal, Quality Culture

Citation



    SERVICES DESK